Tahun sudah berganti dan sebagai seorang entrepreneur, sudah sejatinya menjadikan perubahan tahun baru menjadi 2016 ini sebagai sebuah momentum yang sangat penting dalam rangka membuat perubahan dalam bisnis yaitu bagaimana membuat bisnis yang bisa tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar. Ini adalah kunci sukses setiap entrepreneur dalam berbisnis ketika saat ini tingkat persaingan yang begitu tinggi.

Pada tahun ini, rasanya, perlu setiap entrepreneur membuat sebuah kerangka dan model bisnis yang sangat penting agar tidak bisa membuat bisnis unggul ditengah persaingan, apalagi ketika negara ini akan memberlakukan program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tentu sebagai entrepreneur, sudah harus berfikir ulang tentang bagaimana membangun sebuah bisnis yang kuat dan unggul. Konsep bisnis dan model bisnis yang harus jelas adalah menjadi tanggungjawab yang harus dijalankan oleh setiap entrepreneur.

Salah satu perhitungan bisnis yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur memiliki bisnis yang sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur ketika berbisnis dengan tantangan yang tidak sedikit. Apalagi di MEA ini.

Konsep sustainable competitive advantage merupakan konsep dasar yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur ketika persaingan sudah begitu tinggi dan menuntut setiap entrepreneur untuk fokus dalam menjalankan bisnis. Keunggulan bersaing yang berkelanjutan tersebut memberikan gambaran bagaimana setiap bisnis bisa unggul di bandingkan pesaing yang dapat dilakukan pada beberapa aspek yaitu bisa memilih strategi cost leadership maupun differensiasi serta focus cost leadership dan juga focus differensiasi.

Akan tetapi, ketika bisnis itu berjalan, entrepreneur harus fokus juga melakukan perubahan yang terus menerus dimana cost leadership itu menuju differensiasi dan sebaliknya, ketika memilih strategi differensiasi menuju cost leadership. Konsep ini harus benar-benar dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Ini adalah pilihan yang harus diambil oleh setiap entrepreneur untuk selalu mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan dimana ketika sudah mencapai keunggulan bersaing, harus benar-benar dipertahankan selama mungkin agar entrepreneur sudah fokus membangun bisnis dan bisa mencapai tujuan bisnis  yang dapat digambarkan dalam hal keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu merenungkan kembali tentang konsep sustainable competitive advantage di tahun 2016 ini kalau memang mau tetap maju dan sukses di tahun ini…. siapkan untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan? Bagaimana dengan anda?...Hmmmmm……



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: