Dalam setiap pelatihan yang saya berikan kepada berbagai perusahaan dan bahkan entrepreneur untuk mencapai kesuksesan bisnis, salah satu akar masalah yang selalu dihadapi oleh setiap orang adalah kualitas self leadership yang dimiliki setiap manajer ataupun entrepreneur. kenapa demikian? Bicara tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan ataupun entrepreneur itu sangat relevan dengan bagaimana setiap entrepreneur atau manajer memiliki kesadaran tentang bisnis itu sendiri.

Rasanya, ini sangat berhubungan dengan konsep self leadership yang seharusnya dimiliki oleh para entrepreneur dan manajer dalam menjalankan bisnis. Self leadership itu adalah bagaimana setiap orang memiliki kepemimpinan dan kepemimpinan itu berhubungan dengan bagaimana setiap orang mampu mempengaruhi diri sendiri agar bisa fokus mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen secara efekfit dan efisien.

Self leadership itu sejatinya setiap orang benar-benar memahami akan dirinya sendiri dalam menjalankan bisnis dan dalam setiap keputusan yang dibuat, seharusnya benar-benar logis sehingga menunjukkan bagaimana mereka membuat keputusan yang logis dalam konteks keputusan yang memperhitungkan value yaitu untung dan rugi ataupun untung yang optimal dan resiko yang minimal. Tidak semua keputusan  yang dibuat entrepreneur berdasarkan logika .

Keputusan y ang banyak dibuat berdasarkan emosi yang dirasakan oleh entrepreneur dimana ada rasa sedih, apatis, senang, tertekan, takut dan bahka sangat senang. Hal ini akan membuat kehancuran kepada diri dan bisnis dalam keputusan tersebut. Selain itu, menggambarkan bagaimana entrepreneur gagal dalam melakukan self leadership. Setiap orang harus benar-benar memiliki self leadership yang tinggi dalam keseharian.

Untuk itu, self leadership setiap entrepreneur perlu ditingkatkan setiap saat dengan belajar, belajar dan belajar. Belajar dari diri sendiri dan orang lain akan mempercepat kualitas leadership setiap orang dalam kehidupan dan khususnya ledership dalam bisnis. Jangan sampai terjebak bagaimana entrepreneur asik dengan apa dilakukan dalam keseharian sehingga lupa dalam meningkatkan kualitas self leadership dalam bisnis. Ingat, bisnis itu sangat logis dengan hitung-hitungan.

Selain itu, self leadership itu harus dilaksanakan dengan praktek dan bukannya teori yang bisa dibaca saja. Praktekkan langsung karena yang paling berat adalah bagaimana mempengaruhi diri sendiri sehingga dapat dirasakan bagaimana kualitas leadership ketika dihubungkan dengan emosi yang terjadi sehari-hari. Inilah yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam bisnis dengan meningkatkan self leadership. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: