Awal tahun biasanya berbagai stakeholders memberikan outlook atas kondisi ekonomi, politik, sosial dan budaya di Indonesia pada tahun 2016. Banyak lembaga yang melakukan prediksi untuk tahun ini. bahkan outlook tersebut dilakukan dengan membuat diskusi secara terbuka dengan melibatkan beberapa stakeholders seperti akademisi, lembaga survey dan bahkan bank Indonesia. Semuanya memberikan prediksi tentang kondisi makro tersebut.

Tentu dalam konteks ini sebagai seorang entrepeneur, perlu mencermati dengan benar tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk tetap mencapai sustainable competitive advantage sehingga tujuan bisnisnya dalam kerangka profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar bisa tercapai ditengah tingkat persaingan yang menjadi salah satu konteks utama para entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Dalam hal ini, satu strategi dasar yang harus dibangun oleh entrepreneur adalah bagaimana membuat sinergisitas antara bisnis yang dijalankan dengan akademisi, businessmen, community, government, media dan banking. Mereka adalah stakeholders yang memiliki kontribusi atas perkembangan dan kemajuan bisnis masing-masing entrepreneur. tidak bisa dilepaskan bahwa mereka adalah kunci sukses kalau entrepreneur bisa dengan cerdas melihat apa yang dilakukan oleh entrepreneur dalam mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan tadi.

Konteks ini harus benar-benar dipahami dengan baik oleh para entrepreneur dan membangun sinergisitas yang tinggi. Artinya adalah bagaimana entrepreneur bisa membangun kerjasama dengan para akedemisi sehingga mendapatkan knowledge dalam konteks bisnis dan manajemen yang semakin banyak, kemudian dengan pelaku bisnis atau businessmen dengan mendapatkan sinergi dalam konteks menjadi bagian dari business process yang ada di perusahaan, baik di supplier, distributor ataupun bahkan menjadi customer. Atau bahkan menjadi binaan perusahaan besar.

Sinergi dengan komunitas yang relevan dengan bisnis  sehingga dapat memberikan value kepada bisnis itu sendiri, sinergi dengan pemerintah dengan memanfaatkan setiap kebijakan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan, dengan media sehingga dapat mengkomunikasikan bisnis secara optimal serta dengan perbankan yang dapat menjadi bagian dari proses pembinaan dan debitur untuk peningkatkan skala bisnis dengan pendanaan berupa kredit.

Inilah yang sejatinya dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam mencapai tujuan tadi ditengah keterbatasan sumber daya dan sejatinya sinergisitas menjadi strategi yang harus dijalankan. Bahkan nantinya akan bisa menjadi sebuah social capital atau modal sosial untuk para entrepreneur. bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: