Business Today

Beberapa hari ini, terjadi bahasan tentang bagaimana kebijakan pemerintah negeri ini tentang PPN untuk daging, rencana penurunan harga premium, pembangunan infrastruktur yang ditujukan untuk peningkatan efisiensi. Itu adalah beberapa kebijakan pemerintah yang disampaikan kepada masyarakat dan pastinya sebagai entrepreneur akan terkena imbas atau dampak kebijakan tersebut.

Sekarang, bagaimana dengan dampak kepada masyarakat? Lihat saja kenaikan harga daging yang ditemui dipasar. Meskipun kebijakan ppn tersebut sudah dibatalkan oleh pemerintah sendiri yang terkesan kurang memperhatikan dampak dari kebijakan ppn, tetapi,harga daging juga sudah naik duluan. Kenaikan harga daging ini juga diikuti oleh kenaikan daging ayam di pasar. ada multiplier effect atas kebijakan pemreintah ini.



Bagaimana dengan rencana penurunan harga premium? Di media sudah ada isu untuk penurunan harga kebutuhan dasar masyarakat tersebut meskipun, awal bulan ini menunjukkan bahwa meski terjadi penurunan harga premium, tidak berdampak kepada penurunan biaya transportasi umum. Belum lagi kebijakan dimulainya pembangunan infrastruktur seperti kereta api cepat, bendungan dan lain-lain yang juga memberikan dampak positif dan juga dampak negative.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini perlu diperhatikan secara objektif. Banyak kebijakan pemerintah yang pastinya akan berdampak kepada entrepreneur itu sendiri. Sejatinya, entrepreneur harus menyadari bahwa apa yang dibuat oleh pemerintah tersebut haruslah menjadi dasar untuk melihatnya sebagai sebuah peluang atau ancaman karena akan memberikan dampak kepada entrepeneur dan bisnisnya.

Oleh karena itu, pertama, entrepreneur perlu memahami setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah secara keseluruhan. Pemahaman yang baik tersebut akan memberikan dampak kepada bagaimana posisi setiap entrepreneur dan bisnisnya dalam kebijakan tersebut. Apakah posisinya lemah atau kuat dan juga lebih ke peluang atau ancaman.  

Selanjutnya, menganalisis dampak dari setiap kebijakan pemerintah terhadap bisnis dan entrepreneur. dampak itu adalah dasar bagi entrepreneur untuk membuat keputusan. Hati-hati ya… keputusan yang dimaksud adalah keputusan yang bersifat strategik yang pastinya berdampak jangka pendek, menengah dan panjang. Hal ini harus dipahami dengan baik.

Barulah setelah itu, entrepeneur membuat program yang dapat meminimalisir dampak dari kebijakan dan bahkan mengoptimasi setiap peluang dalam setiap kebijakan tersebut. Program keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia serta teknologi informasi. Program yang ada dalam bisnis harus benar-benar memberikan superior value kepada konsumen dan juga memberikan manfaat kepada pemegang saham.
Inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur dalam melihat kebijakan pemerintah yang pastinya hampir setiap hari dikeluarkan oleh pemerintah itu sendiri. Bagaimana dengan anda? hmmmmm

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: