Kemaren, berita yang sangat mengejutkan terjadi di negara ini dengan bom yang meledak dan terjadinya tembak-menembak antara polisi dengan para teroris yang terjadi di Sarinah. Seolah-olah seperti di film-film laga  yang seringkali disaksikan oleh banyak orang, benar-benar membuat terkejut. Berdasarkan laporan polisi, enam orang meninggal akibat terror bom ini yang pastinya membuat ada dari polisi, masyarakat sipil dan juga pelaku sendiri.

Tentu hal ini membuat seluruh komponen bangsa menjadi terkejut dengan kejadian ini. tidak disangka apa yang terjadi adalah bagian dari bisa membuat banyak hal berubah di negara ini, khususnya rasa aman yang sejatinya adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan ketika bangsa ini dihadapkan pada pembangunan diberbagai bidang. Selain itu, ini adalah awal tahun yang sejatinya dapat menjadi momentum untuk memajukan bangsa.

Terlepas dari siapapun yang menjadi dalang kejadian kemaren serta apapun alasannya, tentu sebagai seorang entrepreneur, ada pelajaran yang berharga dari kejadian ini karena pasti segala sesuatu itu ada hikmahnya, khususnya dalam konteks bisnis yang bertujuan untuk mencapai sustainable competitive advantage agar tujuan bisnis bisa tercapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang selalu tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Hal mendasar yang perlu dipahami adalah ini bentuk karakter bisnis yang mengalami perubahan dan bahkan mengalami turbulensi dimana terjadi perubahan tiba-tiba. tidak ada yang menyangka hal ini akan terjadi pada lingkungan bisnis. Akan tetapi, ini benar-benar nyata sehingga entrepreneur diharapkan bisa melihatnya sebagai sebuah hal yang pasti terjadi. Jadi, terasa ya, lingkungan bisnis itu sifatnya mengalami turbulensi.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur mempersiapkan keputusan yang cepat ketika menghadapi perubahan yang bersifat turbulensi tersebut. Kecepatan setiap entrepreneur dalam membuat keputusan sangat dibutuhkan karena akan menentukan kualitas bisnis yang pastinya akan kena dampak dari perubahan. Ketika terjadi serangan terror kemaren, saatnya bagi entrepreneur untuk fokus pada bagaimana melihat dampak dari terror bagi bisnis secara komprehensif, apakah signifikan atau tidak. Ketika itu sudah dianalisis, waktunya membuat keputusan agar meminimalisir resiko yang terjadi. Inilah yang menjadi point penting bagi entrepreneur.

Selanjutnya, tentu tindakan atau action yang cepat serta tepat yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dalam konteks bagaimana mereka harus bisa benar-benar aksi. So, bagi entrepreneur, kejadian kemaren adalah sebuah pelajaran berharga yang sejatinya pasti akan selalu terjadi dan tinggal bagaimana memahaminya dengan baik serta membuat keputusan serta aksi yang cepat serta tepat. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: