Menjadi binaan perusahaan yang memiliki program Corporate Social Responsibility atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) adalah sebuah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam rangka membangun bisnis yang sustainable competitive advantage dimana persaingan yang begitu tinggi dan menuntut setiap orang mampu membuat bisnisnya tetap mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

Keberadaan entrepreneur di dalam program yang dibuat oleh perusahaan tersebut, adalah bagian dari social capital atau modal sosial yang sejatinya dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk perusahaan, baik sekarang maupun jangka panjang. Inilah yang menjadi tanggungjawab setiap entrepreneur dalam berbisnis.

1.       Entrepreneur harus memperkuat mindset bisnisnya
Hal ini sangat menentukan kualitas bisnis kedepannya yang dimulai dari kualitas diri setiap entrepreneur dalam berbisnis. Mindset berhubungan dengan sikap mental, apalagi sikap mental yang diharapkan adalah sikap mental ketika menjadi binaan program CSR atau PKBL perusahaan.
2.       Entrepeneur harus meningkatkan kapabilitas organisasinya
Kapabilitas organisasi terus ditingkatkan dengan aspek manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Ini akan selalu dilihat oleh manajemen perusahaan yang memiliki program CSR atau PKBL tadi.
3.       Entrepeneur harus memanfaatkan setiap peluang dari program CSR
Peluang yang ditawarkan oleh program CSR atau PKBL bukan hanya kredit, akan tetapi dalam konteks pameran dan lain-lain. Hal ini harus dimanfaatkan secara optimal oleh setiap entrepreneur saat ini dan yang akan datang.
4.       Lakukan yang terbaik
Miliki prinsip hidup, lakukan yang terbaik karena ini akan mengarahkan setiap entrepreneur untuk fokus dan akan mendapatkan hal yan terbaik atas apa yang dilakukannya. Apalagi ketika berhubungan dengan pengurus program CSR atau PKBL
5.       Tingkatkan komitmen dalam berbisnis
Komitmen harus terus ditingkatkan dalam berbisnis agar setiap entrepeneru akan dapat merasakan kemajuan dan apa pengaruh dari program PKBL kepada mereka.
6.       Evaluasi atas apa yang sudah dilakukan selama menjadi binaan
Evaluasi itu wajib dilakukan dalam konteks menjadi binaan program PKBL. Ada dua evaluasi yang harus dilakukan, pertama evaluasi atas tujuan program PKBL oleh perusahaan yang memberikan program tersebut kepada entrepreneur. kedua, evaluasi atas kemajuan bisnis entrepreneur.
7.       Lakukan perbaikan terus menerus
Ini yang paling penting yaitu melakukan perbaikan terus menerus atau continues improvement dimana ini akan menjadi hal mendasar bagi entrepreneur untuk berbuat kebaikan bagi bisnisnya. Ini juga akan menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Inilah beberapa tips CSR yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: