Dalam memanfaatkan program Corporate Social Responsibility atau CSR, setiap entrepreneur harus benar-benar memahami beberapa hal  yang berhubungan dengan bagaimana mereka menjalankan bisnis dan bagaimana bisnis mereka itu bisa menjadi unggul ketika persaingan itu semakin tinggi. Persaingan itu menuntut entrepreneur harus benar-benar bisa memanfaatkan modal sosial atau social capital.

Ada beberapa hal  yang perlu dimiliki oleh setiap entrepeneur dalam memanfaatkan program CSR perusahaan
1.       Memahami bisnis kita masing-masing
Pahami bisnis masing-masing dengan baik, dalam konteks bagaimana entrepeneur bisa memahami bisnis itu mulai dari supplier, input, process, output dan customer sehingga proses bisnis ini menjadi awal setiap entrepreneur dalam memahami bisnis dan nantinya akan bermanfaat dalam melihat irisan dengan proses bisnis perusahaan.

2.       Memahami lingkungan bisnis
Lingkungan bisnis harus benar-benar dilihat sebagai sebuah aspek  yang sangat berpengaruh kepada entrepreneur, baik ancaman maupun peluang. Hal ini sejatinya menjadi kerangka berfikir setiap entrepreneur yaitu meminimalisir ancaman dan meningkatkan manfaat peluang yang ada.
3.       Memahami program CSR perusahaan
Program CSR yang dijalankan oleh perusahaan menjadi kunci untuk dimanfaatkan oleh entrepeneur. Pahami dengan baik program CSR yang ada agar bisa membuat
4.       Mencari kesamaan bisnis setiap entrepeneur dengan perusahaan
Hal ini relevan dengan bagaimana entrepeneur bisa fokus dalam memanfaatkan program CSR melalui irisan atau kesamaan antara bisnisnya dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang ada di sekitar entrepreneur. tentu kesamaan ini dapat dilihat dari aspek business process yang ada di perusahaan tersebut, mulai dari supplier, input, process, output sampai konsumen. Perusahaan akan mencari irisan setiap bisnis UMKM dengan bisnis mereka.

Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: