Bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur sejatinya harus dilihat sebagai sebuah siklus hidup yaitu seperti manusia yang melewati tahapan bayi, anak-anak, remaja, dewasa, tua dan meninggal. Akan tetapi, yang membedakan antara bisnis dengan makhluk hidup adalah bisnis itu bisa diperpanjang usianya, sehingga tidak mati.

Salah satu tahapan yang paling penting dalam kehidupan bisnis itu adalah introduction, growth, mature dan decline. Disinilah seorang entrepreneur mulai menyadari bahwa ada satu fase  yang harus dilakukan entrepreneur yaitu bagaimana memanfaatkan enterprise Resources Planning (ERP).

1.       Memahami proses bisnis
Proses bisnis yang ada dalam setiap bisnis entrepeneur itu pasti berbeda satu sama lain karena bisnis itu dipengaruhi oleh lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal yang berbeda satu sama lain.
2.       Menuliskan proses bisnis
Entrepreneur tetap harus menuliskan proses bisnis yang ada dalam setiap bisnis entrepreneur tersebut. Tuliskan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis adalah prinsip dasar bagi setiap entrepeneur.
3.       Mempersiapkan fasilitas
Entrepreneur fokus mempersiapkan fasilitas yang diperlukan untuk menjalankan bisnis yang sudah ditulis. Fasilitas tersebut adalah man, money, machine, material.
4.       Mendalami software yang ada dan memilih yang sesuai dengan bisnis.
Untuk membuat proses bisnis berjalan secara efektif dan efisien, sudah waktunya entrepreneur mendalami software yang relevan dengan bisnisnya. Pelajari software tersebut dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.
5.       Menggunakan software untuk bisnis
Gunakan software yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan oleh entrepeneur. Sudah waktunya entrepeneur fokus dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan software yang sudah dipilih. Komitmen untuk menjalankan proses bisnis berbasis software adalah dasar untuk setiap entrepreneur dalam proses bisnis mereka.
6.       Mengevaluasi software yang sesuai
Mengevaluasi software yang sesuai dengan bisnis itu menjadi penting dan salah satu variabel utamanya adalah kesiapan manpower atau sumber daya manusia yang menjalankan bisnis tersebut. Seringkali yang jadi masalah adalah sikap mereka terhadap software dan keterampilan mereka menggunakan sotware.
7.       Melakukan perbaikan terus menerus
Inilah yang paling penting bagaimana entrepeneru fokus melakukan perbaikan terus menerus dalam konteks pengetahuan, keterampilan serta sikap mereka dalam menjalankan software yang digunakan oleh peerusahaan.

Inilah beberapa tips ERP yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: