Memasuki pasar bebas ASEAN atau MEA yang sudah jelas melibatkan berbagai stakeholders yaitu para entrepreneur di ASEAN, menuntut setiap entrepreneur untuk mulai fokus dengan konsep pemasaran yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis sukses. Hal ini perlu mendapatkan perhatian setiap orang dalam ASEAN dan khususnya berhubungan dengan bagaimana mereka meningkatkan kualitas produk dan mengkomunikasikan kepada pasar.

Konsep pemasaran harusnya sudah melekat pada diri setiap entrepreneur dan dijadikan sebagai sebuah fondasi dalam berbisnis. Konsep dasar dalam pemasaran saat ini adalah perang persepsi dan ini menuntut entrepreneur untuk paham bahwa pemasaran itu bukan hanya bicara produk yang berkualitas semata, akan tetapi, bicara tentang persepsi yang berhubungan dengan superior value dibenak konsumen yang mereka dapatkan dari entrepreneur.

1.       Kenali dengan lebih baik konsumen
Semakin mengenal konsumen, akan semakin diketahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan serta yang dibeli oleh konsumen. Hal ini menjadi dasar bagi entrepreneur bicara tentang pemasaran. Konsep dasar bagi konsumen adalah sejauh mana entrepreneur mengenali mereka.
2.       Kenali persepsi produk yang dijual
Persepsi yang ada dikonsumen itu ada di benak mereka. Persepsi itu dibentuk oleh pengetahuan dan pengalaman setiap konsumen tentang produk yang dijual oleh entrepreneur. persepsi inilah yang mendorong konsumen untuk membeli produk dan pasar itu berhubungan dengan perang persepsi yang ada di benak konsumen.
3.       Cari value yang diharapkan oleh konsumen
Hal mendasar bagi konsumen saat ini dalam persepsi adalah bagaimana mereka mendapatkan value atau nilai yang pastinya harus lebih baik daripada pesaing. Mereka mencari value dari setiap entrepreneur saat ini.
4.       Ciptakan produk yang bisa memberikan superior value kepada konsumen
Entrepreneur harus bisa menciptakan sebuah produk yang bisa memberikan superior value kepada konsumen. Artinya adalah ada perbandingan antara benefit dengan cost atau benefit dengan risk yang ditimbulkan oleh produk. Disinilah entrepreneur tidak hanya bicara produk, akan tetapi juga service, people dan image dalam konteks benefit dan time cost, energy cost serta psychological cost selain monetary cost dalam konteks cost.
5.       Komunikasikan
Ini yang menjadi tanggungjawab besar setiap entrepreneur yaitu bagaimana mereka harus mengkomunikasikan produk kepada pasar sehingga pasar memiliki attention, interest, desire dan action terhadap produk tersebut.
6.       Delivery
Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur harus menyampaikan produk kepada konsumen dimana delivery menjadi kunci produk itu diterima oleh setiap konsumen.
7.       Evaluasi dan perbaiki melalui peningkatan kualitas
Evaluasi secara berkala perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur terhadap persepsi produk dipasar sehingga diketahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut dan dilakukan perbaikan atas produk.

Inilah beberapa tips manajemen pemasaran yang pastinya harus dimiliki dan dilakukan oleh entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: