Dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh para wirausaha, berfikir strategik adalah sebuah tuntutan yang tidak bisa ditolak lagi karena ketika lingkungan bisnis yang selalu berubah, sudah menjadi konteks bisnis tersebut. Perlu setiap entrepreneur untuk fokus memanfaatkan setiap peluang yang ada dalam bisnis dari setiap peluang yang ada.
Kegagalan setiap entrepreneur dalam memahami dam memanfaatkan setiap perubahan lingkungan bisnis akan membuat bisnis mereka akan mengalami decline dan bahkan nanti akan bangkrut. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu dilakukan wirausaha adalah


1.       Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal
Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh para entrepreneur dalam berbisnis yaitu bagaimana melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal secara berkala. Hal ini akan menentukan posisi setiap entrepreneur dipasar. Tool yang dapat digunakan salah satunya adalah TOWS analaysis

2.       Menentukan target
Penentuan target dan tujuan bisnis itu akan menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam berbisnsi dan nantinya pada fase evaluasi terhadap seluruh aktivitas bisnis dan strategi bisnis.
3.       Menetapkan strategi
Tibalah inti ada berfikir strategik yaitu bagaimana menetapkan sebuah strategi yang paling tepat bagi bisnis mereka. Strategi berhubungan dengan pilihan terbaik yang harus diambil untuk bisa mencapai sustainable competitive advantage.
4.       Membuat program
Program dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia serta teknologi informasi menjadi backbone dalam setiap bisnis
5.       Menjalankan program
Menjalankan program dalam konteks menyiapkan anggaran, SOP, fasilitas pendukung, aturan dan juga orang yang akan menjalankannya adalah penting untuk dilakukan oleh entrepreneur sehingga rencana aksi yang dalam hal ini adalah bagian untuk menjalankan strategi bisa mewujudkan apa yang sudah ditargetkan.
6.       Evaluasi
Lakukan evaluasi atas capaian rencana tersebut. Evaluasi bisa juga dilakukan terhadap analisis lingkungan, posisi, strategi dan program yang dijalankan.
7.       Lakukan perbaikan terus menerus
Perbaikan terus-menerus atau continues improvement sejatinya menjadi prinsip yang harus dijalankan oleh setiap entrepreneur untuk suksse. Ini adalah kunci bagi suksesnya bisnis.
Inilah beberapa tips strategic management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: