Dalam banyak sharing dengan para entrepreneur dan bahkan dengan manajemen perusahaan dalam berbagai level, didapatkan bahwa memang yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis saat ini adalah bagaimana bisa membangun bisnis yang bisa mencapai sustainable competitive advantage melalui pemberian superior value kepada konsumen.

Rasanya, ini harus dipahami dengan sangat baik oleh para entrepeneur dalam menjalankan bisnis yang menghadapi tingkat persaingan yang tinggi karena semua bisnis akan berusaha untuk memberikan hal yang terbaik kepada konsumen.

1.       Pahami dengan baik need, want dan demand setiap konsumen
Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap konsumen adalah bagaimana entrepreneur harus bisa mendalami need, want dan demand dari setiap konsumen yang akan dilayani oleh entrepreneur. need berhubungan dengan kebutuhan yang relative tetap, want berupa keinginan yang relative berubah dan deman berhubungan dengan keingingan yang didukung oleh daya beli setiap konsumen.
2.       Pahami apa yang diberikan oleh setiap pesaing kepada konsumen
Entrepreneur perlu melihat pesaing yang juga membuat produk dan menawarkan produk kepada pasar yang sama dengan para entrepreneur. pesaing sejatinya harus menjadi pembanding dan bahkan sumber melakukan inspirasi untuk pengembangan produk dan bisnis.
3.       Bandingkan apa yang diberikan oleh perusahaan dengan yang diberikan oleh pesaing
Entrepreneur perlu melakukan perbandingan antara apa yang mereka buat dan tawarkan kepada konsumen dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing kepada konsumen yang sama. Hal ini berhubungan dengan bagaimana penerimaan dari konsumen.
4.       Lakukan pengembangan produk agar bisa memberikan superior value kepada konsumen
Entrepeneur harus bisa melakukan pengembangan produk dan memberikan superior value kepada konsumen dengan basis pengetahuan tentang need, want dan demand setiap konsumen dan juga apa yang diberikan oleh pesaing. Sejatinya, entrepreneur harus bisa memberikan produk yang lebih baik dibandingkan pesaing.
5.       Evaluasi apa yang diberikan kepada konsumen ,
Entrepreneur perlu melakukan evaluasi secara terus menerus terhadap penerimaan konsumen atas apa yang ditawarkan kepada mereka.
6.       Lakukan perbaikan kepada konsumen
Lakukan perbaikan dengan basis informasi penerimaan dari pada konsumen dimana need, want dan demand mereka.
7.       Bangun hubungan jangka panjang dengan konsumen
Entrepreneur harus memiliki konsep bagaimana bisa membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen yang bisa memberikan sustainable superior value sehingga entrepreneur bisa mendapatkan keunggulan dalam bisnis jangka panjang.
Oleh: Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: