Ada satu pelajaran yang sangat berharga bagi saya sebagai seorang entrepreneur muda muslim dimana banyak sekali permasalahan yang akan dihadapi dalam berbisnis yaitu bagaimana menghadapi perubahan lingkungan bisnsi yang begitu cepat sehingga akan menimbulkan bagaimana sulitnya membuat sebuah keputusan untuk bisnis yang benar dan tepat sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan Allah SWT dalam Alquran dan hadits
Hal ini perlu dipahami dengan baik oleh para entrepreneur agar tidak salah dalam membuat keputusan, khususnya keputusan bisnis. ingat, bisnis itu juga harus menjadi kendaraan untuk mencapai keridhaan Allah SWT agar bisa masuk surga sehingga menjadi hal yang paling utama adalah bagaimana bisnis itu juga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT untuk mencapai sukses. Tentu entrepreneur harus menyadari hal ini sebagai sebuah kondisi yang harus dicapai.

Zikir harus menjadi alat bagi para entrepreneur untuk bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis. ingat Allah SWT dimanapun berada dan kapanpun entrepreneur beraktivitas. Tidak bisa dipungkiri bahwa Allah itu akan selalu dekat entrepreneur sehingga salah besar ketika entrepreneur itu tidak ingat dengan Allah sehingga akan membuat kerugian besar. Hati-hati para entrepreneur ketika ingin membangun bisnisnya yang kuat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.
Dari pelajaran yang sangat berharga, setiap entrepreneur itu sudah menjalankan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah dimana entrepreneur benar-benar diajak untuk menjadi orang sukses dan kaya di dunia agar bisa memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan juga bagi banyak orang lain dimana akan dapat membuka lapangan pekerjaan dan juga bahkan memberikan kesempatan untuk berzakat, berinfak dan bahkan bersedekah kepada banyak orang.
Entrepreneur diharapkan ingat Allah dan mengucapkan kalimat-kalimat pujian kepada Allah seperti subhanallah, la ilaha illallah, astaghfirullah. Itu adalah beberapa ucapan. Selain itu, perlu juga entrepreneur memanfaatkan seluruh asset yang dimiliki di jalan Allah SWT dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Artinyak tidak berbuat dosa sehingga menjadi kunci bagi entrepreneur dalam berbisnis dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.
Rasanya, sudah menjadi kunci sukses bisnis para entrepreneur muda muslim saat ini ketika banyak hal yang terjadi dalam bisnis karena lingkungan bisnis yang selalu berubah dan menjadi ancaman serta peluang dalam bisnis tetapi, tetap harus berjalan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan Allah SWT. Waktunya entrepreneur untuk selalu berzikir pada Allah SWT. Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: