Business Today
Menjadi entrepreneur saat ini membutuhkan strategi yang tepat sehingga dapat membuat bisnis bisa mencapai tujuan bisnis itu sendiri yaitu bagaimana bisa mencapai kinerja yang sudah ditetapkan oleh owner dan dijalankan oleh para manajer yang notabene mereka juga terlibat di dalamnya. Jelas bagaimana profit yang tinggi, memberikan manfaat bagi masyarakat (people), menjaga kelestarian alam (planet) serta berkelanjutan sehingga bisa mencapai bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Akan tetapi, kondisi persaingan yang semakin tinggi yang membuat pilihan yang lebih baik bagi para konsumen sehingga konsumen memiliki semakin banyak pilihan. Lihat saja bagaimana pemberlakuan MEA dan jauh sebelumnya, tingkat persaingan juga sudah berjalan dengan bagaimana kerjasama antara Indonesia dengan banyak negara lainnya. Bahkan perusahaan besar pun sudah mulai terkenal imbasnya dari persaingan ini.

Lihat saja bagaimana Ford yang "keok" di persaingan mobil di Indonesia. Ini juga akan kalah bisnisnya di Indonesia yaitu Panasonic yang memproduksi produk-produk elektronik di Indonesia. Demikian juga dengan Toshiba sehingga memaksa pemberhentian karyawan. Tentu hal ini diharapkan tidak terjadi di tengah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk membuat investor berusaha di Indonesia.
Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini harus diambil sebagai sebuah pelajaran yang sangat berharga karena hal ini akan menentukan bagaimana entrepreneur bisa membuat bisnis mereka menjadi bisnis yang bisa memberikan value kepada pencapaian tujuan bisnis itu sendiri. Tentu yang harus diperhatikan adalah bagaimana bisnsi itu bisa mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Fokuslah pada bisnis dimana entrepreneur harus memilih cost leadership atau focus leadership sembari mencari differensiasi dan juga differensiasi atau cokus differensiasi sembari mencari cost leadership ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini. tidak bisa dipungkiri bahwa entrepreneur harus benar-benar memilih stratregi bisnis yang paling tepat dan memberikan superior value bagi bisnis masing-masing. tidak ada lagi waktu untuk tidak fokus dengan bisnis.
Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur untuk bisa mencapai keunggulan saat ini. waktunya entrepreneur untuk mulai memikirkan bagaimana keunggulan bisnis tersebut yang nantinya diturunkan ke dalam program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia untuk bisa mencapai keunggulan bersaing tersebut. Hal ini harus benar-benar dilakukan secara optimal dengan dukungan anggaran, fasilitas dan orang-orang yang benar-benar kompeten dalam berbisnis. Bagaimana dengan anda? hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: