Tepat sebulan lagi, pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dalam hal ini di koordinatori oleh Dinas KUMKM Jabar berencana untuk mengadakan kegiatan Gelar Seribu Produk WUB Jabar yang merupakan kegiatan ekspo 1000 produk-produk yang dihasilkan oleh para entrepeneur yang sudah mengikuti program Pencetakan seribu wirausaha baru Jawa Barat pada tahun 2014-2015. Kegiatan ini adalah kegiatan yang kedua setelah tahun lalu diselenggarakan di Gedung Sate.
Pada tahun ini, kegiatan gelar seribu produk WUB Jawa Barat akan diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2016 di Gedung Sate, Bandung. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas KUMKM Jabar dengan melibatkan Jabar Masagi yaitu kampus, perusahaan, pemerintah dari OPD lainnya di Jawa Barat, perbankan dan media.

Produk-produk wirausaha baru akan ditampilkan di 1000 stand dan berasal dari Wirausaha Baru Jawa Barat yang dibina oleh 13 Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, juga entrepreneur yang dibina oleh kampus, program CSR atau PKBL perusahaan, binaan perbankan dan juga organisasi seperti KADIN Jabar dan HIPMI Jabar serta komunitas bisnis seperti GIMB Foundation.
Tidak hanya itu, acara ini juga menyelenggarakan kegiatan pemecahan rekor bisnis, peluncuran web wirausaha baru jabar, peluncuran koperasi wirausaha baru Jabar serta acara pesta rakyat yang dikemas dengan kerjasama yang diberikan oleh Bandung TV berupa Bentang Parahyangan.
Tema yang diangkat pada tahun ini adalah bagaimana wirausaha baru Jawa Barat bisa nomor satu di Pasar ASEAN dimana tema ini disesuaikan dengan konteks diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tanggal 31 Desember 2015 yang lalu. Sejatinya, kegiatan ini dapat mendorong wirausaha yang ada di Jawa Barat untuk fokus pada peningkatan kompetensi diri dan bisnis agar bisa memasuki pasar ASEAN dan memenangkan persaingan saat ini.
Direncanakan akan dilaksanakan kerjasama dengan secretariat ASEAN untuk memberikan informasi tentang bagaimana MEA dan potensi dari seluruh negara ASEAN. Selain itu, juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan promosi seperti pameran yang diselenggarakan oleh berbagai pihak yang ada di ASEAN sehingga produk-produk yang dihasilkan oleh wirausaha di Jawa Barat dapat diperkenalkan.
Rasanya, kegiatan ini perlu dimanfaatkan oleh para wirausaha Jawa Barat karena menjadi momentum untuk bisa membuat produk semakin dikenal dan juga mendapatkan networking dengan berbagai pihak khususnya dalam kerangka bagaimana bisa mengenalkan produk kepada masyarakat ASEAN dan bahkan bisa membuka pasar ASEAN. Sudah waktunya entrepeneur Jawa Barat untuk fokus pada peningkatan mindset sebagai seorang entrepeneur serta peningkatan kapabilitas organisasi bisnis, mulai dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Selain itu, juga memanfaatkan social capital atau modal sosial yang diberikan oleh lingkungan eksternal bisnis.
Memang kegiatan ini adalah bagian dari program pemerintah dalam rangka mengenalkan program yang sudah dijalankan serta bentuk akuntabilitas kepada masyarakat dimana masyarakat berhak mengetahui dampak program WUB kepada masyarakat Jawa Barat. Tetapi, sejatinya program ini dapat menjadi modal sosial yang dapat dimanfaatkan wirausaha ketika mereka menghadapi keterbatasan dalam promosi, keterbatasan dalam membangun networking serta bagaimana membuat bisnis itu menjadi jauh lebih baik.
Program Gelar seribu produk WUB yang akan dilaksanakan ini bisa membuat bisnis para wirausaha baru Jabar bisa lebih berkembang dan pastinya dapat membuat kesempatan baru biar pasar terus terbuka dan pada akhinya bisnis bisa mencapai sustainable competitive advantage ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation ,
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: