Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk berjalan-jalan dengan keluarga dan salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Gramedia di Trans Studio Mall (TSM). Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang selalu dilakukan ketika berkunjung ke TSM dengan tujuan untuk melihat buku atau majalah terbaru yang bisa memberikan value bagi diri sendiri dan pekerjaan nantinya. Termasuk juga kemaren soren dengan berkunjung kesana, melihat buku atau majalah yang baru dan menarik.
Ketika masuk ke TB Gramedia, langsung mata tertuju ke salah satu buku baru yang membahas Habibie, mantan presiden yang saat ini masih berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara ini. ada 50 ide yang beliau tuliskan di buku tersebut dan luar biasa, semuanya bertujuan untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara ini. Tidak ada satupun pemikiran beliau yang tidak berhubungan dengan negara ini.

Ada satu konsep dasar yang beliau sampaikan dalam buku dan membuat saya tertarik sebagai seorang entrepreneur yaitu konsep kreativitas. Hal ini relevan dengan entrepreneurship yang memang sudah menjadi pilihan hidup, apalagi dalam mencapai competitive advatange atau keunggulan bersaing dalam pilihan ini. atau dalam konsep umumnya adalah tetap unggul sebagai seorang entrepreneur.
Kreativitas yang dipahami dan dihayati serta digunakan dalam konsep bisnis adalah bagaimana kemampuan setiap individu untuk mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan peluang dari masalah tersebut. inilah yang selalu dipegang selama ini. akan tetapi, dalam buku tersebut, pak Habibie menyatakan bahwa dalam konteks kreativitas harus bisa mencapai value yang optimal dimana benefit dibandingkan cost itu benar-benar tercapai secara optimal dalam setiap kreativitas mereka.
Hmmmm... ini benar-benar luar biasa dimana Pak Habibie memberikan pandangan yang relevan dengan bisnis yang selalu dibahas di kelas ataupun dalam berbagai seminar yang berhubungan dengan konsep entrepreneurship. Selama ini pembahasan lebih ditekankan kepada bagaimana pengembangan ide-ide dalam penyelesaian masalah dan kurang memperhatikan aspek nilai.
Jelas yang paling penting dalam nilai tersebut adalah bagaimana mendapatkan benefit yang semaksimal mungkin dan cost yang seminimal mungkin. Pak Habibie juga menekankan hal ini karena benar, bahwa setiap ide yang muncul harus bisa memberikan manfaat yang semaksimal mungkin dan menggunakan biaya yang seminimal mungkin dalam setiap ide-ide kreatif tersebut.
Inilah yang menjadi dasar kerangka berfikir setiap entrepreneur untuk bisa kreatif. Konsep bisnis pada dasarnya adalah create money berupa profit dan untuk itu, perlu setiap entrepreneur bisa meng-create value. Konsep value inilah yang pasti dibutuhkan oleh setiap entrepreneur untuk sukses nantinya.
Apabila dihubungkan dengan konsep strategic management, dimana bisnis itu diarahkan untuk mencapai competitive advantage (keunggulan bersaing) dibandingkan dengan pesaing-pesaing yang terus mengejar bisnis para entrepreneur, maka value yang harus diciptakan adalah superior value atau nilai yang lebih baik. oleh karena itu, perlu setiap entrepreneur menjadi ahli strategi dalam setiap bisnis mereka.
Inilah yang menjadi point utamanya dimana dalam setiap aktivitasnya, entrepreneur harus bisa kreatif untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal dari setiap bisnis mereka dan kemudian kreatif juga menentukan strategi bisnis yang akan digunakan. Selanjutnya adalah kreatif dalam membuat program-program yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, proses bisnis serta sumber daya manusia.
Dalam konteks inilah yang membuat setiap entrepreneur memahami konsep kreativitas yang disampaikan oleh Pak Habibie tersebut, dimana kreativitas tersebut harus bisa mencapai benefit atau manfaat yang optimal dan dengan cost atau biaya yang seminimal mungkin. So, relevan sekali dengan yang dilakukan oleh setiap entrepreneur.
Bagi para entrepreneur, konsep yang disampaikan oleh Pak Habibie perlu dipahami, dihayati serta dimanfaatkan dalam setiap aktivitas bisnis mereka agar bisa mencapai sustainable competitive advantage dalam setiap bisnis mereka. salam juara...
  
Mahasiswa program Doktor Manajemen Unpad, pembina GIMB Foundation, dosen Universitas Widyatama, Bandung, Founder STRABIZ Manajemen Bandung
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: