Business Today

Salah satu tantangan bagi para pengusaha dalam berbisnis adalah bagaimana membangun sebuah keberlanjutan serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah sampai besar selain bisnis tersebut menghasilkan profit, people serta menjaga kelestarian lingkungan alam atau planet. Tentu hal ini adalah sebuah tujuan yang bersifat kompleks dari seorang entrepeneur yang berbisnis sehingga dapat menjadi sebuah tujuan yang memang harus dicapai.
Namun demikian, seringkali seorang entrepreneur terjebak dengan bagaimana mereka bisa melakukan aktivitas bisnis sesuai dengan apa yang mereka pahami dengan sesuatu yang tidak komprehensif dan ketika menghadapi sebuah masalah, mereka akan terjebak dengan bagaimana bisa menetapkan sebuah keputusan yang kurang relevan dengan tujuan yang hendak dicapai.

Kemaren, tepatnya pada hari Minggu 28 FEbruari 2016, ada satu aktivitas yang sangat strategic yang dilakukan oleh para wirausaha baru Jawa Barat yang seringkali dikenal dengan konsep WUB dengan pembentukan sebuah wadah dalam bisnis yaitu koperasi wirausaha baru Jawa Barat Sejahteran (WJS) yang sudah ditetapkan dalam kerangka Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hal ini menjadi sebuah momentum bagi aktivitas dan program pengembangan wirausaha di Jawa Barat.
Dalam konteks ini, bagaimana wirausaha baru Jawa Barat didorong untuk memanfaatkan sebuah wadah yang sudah berbadan hukum yaitu Koperasi sebagai sebuah wadah yang harus bisa memberikan manfaat bagi seluruh anggota yang notabene adalah wirausaha yang memang diarahkan untuk menjadi tumpuan untuk mencetak wirausaha baru yang sukses dalam bisnisnya. Keberadaan Koperasi WJS ini tentu perlu didukung oleh seluruh stakeholders yang berhubungan dengan pencetakan 100.000 wirausaha baru Jawa Barat.
Kegiatan yang akan dilakukan oleh koperasi ini berupa pemasaran produk-produk anggota kepada target market yang sejatinya adalah masyarakat umum dan juga anggota koperasi itu sendiri. Banyak hal yang bisa dipasarkan oleh koperasi karena itu adalah salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis.
Kegiatan lainnya adalah menyediakan bahan baku bagi wirausaha baru Jawa Barat yang membutuhkan bahan mentah untuk bisnis mereka. Tentu hal ini adalah sebuah kebutuhan karena mereka tergantung pada bahan baku yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Yang tidak kalah pentingnya adalah kalau anggota membutuhkan pinjaman berupa produk yang notabene adalah peralatan ataupun perlengkapan serta bahan baku, koperasi ini juga bisa membantu.
Hal ini merupakan kegiatan awal yang akan dilakukan oleh koperasi ini dan sejatinya adalah langkah strategis untuk membangun sebuah komunitas bisnis yang berbasis kepada anggota dan untuk kemajuan anggota. Bagaimana dengan anda? Siap membangun koperasi dan memanfaatkan koperasi untuk bisnis? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: