Salah satu manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam berbisis adalah pameran  yang disediakan oleh program Corporate Social Responsibility (CSR). Program yang sejatinya harus dimanfaatkan oleh entrepreneur ketika menghadapi berbagai kondisi, khususnya dalam keterbatasan sumber daya perusahaan. hal ini harus menjadi dasar pemikiran setiap entrepreneur dalam berbisnis.
1.       Persiapkan diri
Entrepreneur benar-benar harus mempersiapkan diri untuk memanfaatkan setiap peluang bisnis saat ini karena peluang pameran dari pengelola CSR itu akan datang secara tiba-tiba. hal ini perlu dipahami dengan baik oleh entrepreneur.

2.       Perkuat manajemen
Entrepeneur harus memperkuat manajemen bisnis yang ada dalam bisnisnya dalam konteks keuangan dan akuntansi, pemasaran dan penjualan, operasi dan proses bisnis serta manajemen sumber daya manusia yang memang harus dimanfaatkan oleh entrepreneur untuk bisnisnya.
3.       Konsep bisnis yang jelas
Hal ini relevan dengan bagaimana bisnis itu bisa mencapai sebuah keunggulan bersaing secara berkelanjutan. Keunggulan bersaing yang sangat dibutuhkan oleh entrepreneur saat ini ketika menghadapi tingkat persaingan yang sangat tinggi.
4.       Desain stand yang menarik
Entrepreneur harus mempersiapkan desain stand yang sangat menarik dan sesuai dengan karakter bisnis para entrepreneur. pastinya ini akan menjadi sebuah keunggulan untuk melakukan pameran bisnis.
5.       Menempelkan brand perusahaan
Jangan lupa menempelkan brand atau merek perusahaan yang memberikan program CSR bagi para entrepreneur. perlu disadari bahwa merek perusahaan adalah bagian dari endorser untuk sukses mengkomunikasikan bisnis mereka.
6.       Berkomunikasi dengan pengelola CSR
Entrepreneur berkewajiban untuk melakukan komunikasi secara intens tentang program pameran yang akan diikuti oleh entrepreneur kepada pengelola CSR. Komunikasi ini akan menjadi dasar untuk memperkuat program yang akan diikuti karena berhubungan dengan hasil yang akan dicapai oleh entrepreneur dalam konteks pameran tersebut.
7.       Melakukan evaluasi dan perbaikan.
Evaluasi harus dilakukan secara berkala tentang target dan hasil yang dicapai dari pameran tersebut. Hal ini harus dilakukan perbaikan sehingga hasil yang diharapkan oleh entrepeneur dan juga pengelola program CSR terhadap program pameran bisnis yang ditawarkan kepada entrepeneur yang notabene adalah binaan tersebut.
Inilah beberapa tips Corporate Social Responsibility yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: