Konsumen adalah asset yang paling berharga bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis karena di konsumenlah uang entrepreneur itu pada hakekatnya dimana bisnis itu adalah bagaimana memindahkan uang dari saku konsumen ke saku entreperenur. Ada beberapa tips yang harus dilakukan
  1. Tetapkan segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen
Melakukan segmentasi pasar menjadi penting untuk setiap konsumen sebelum membuat program pemasaran. Segmentasi saat ini diarahkan bagaimana pada aspek perilaku konsumen yaitu bagaimana setiap individu berbeda-beda. Perilaku itu dilihat dari faktor internal dan eksternal mereka dalam menentukan masalah yang mereka hadapi, menentukan alternative pilihan, mengevaluasi alternative, membuat keputusan, menjalankan keputusan dan mengevaluasi keputusan dalam pembelian barang.


  1. Tetapkan target pasar
Lalu, tetapkan target pasar yang akan dilayani agar bisa sesuai dengan kekuatan perusahaan dalam melayani pasar.
  1. Tetapkan positioning untuk produk entrepreneur
Menetapkan imate produk di benak konsumen dan sesuai dengan perilaku setiap konsumen dalam memilih produk mereka itu,
  1. Sesuaikan bauran pemasaran yang sesuai dengan perilaku konsumen.
Membuat bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place dan promotion untuk barang dan ditambah dengan physical evidence, people, process untuk jasa yang disesuaikan dengan perilaku konsumen.
  1. Jalankan program bauran pemasaran
Menjalankan program pemasaran membutuhkan managerial skill, leadership, decision making, communication, team work dan delegation serta motivasi untuk melayani konsumen. Selain itu, entrepreneur juga perlu mempersiapkan dana dan standard Operating Procedures (SOP) yang dapat digunakan untuk acuan bagi entrepreneur dalam menjalankan bauran pemasaran selain orang-orang yang kompeten.
  1. Lakukan evaluasi secara berkelanjutan
Evaluasi harus dilakukan secara berkelanjutan dan menyeluruh untuk dapat melihat sejauh mana capaian atas apa yang sudah direncanakan dan hasil yang dicapai dari program bauran pemasaran.
  1. Lakukan perbaikan untuk program bauran pemasaran
Perbaikan harus dilakukan oleh setiap entrepreneur secara terus menerus atas kekurangan yang terjadi. Gap atau kesenjangan yang terjadi itu adalah bagian  yang harus diperbaiki untuk mencapai konsumen yang puas dan loyal sesuai dengan perilaku mereka masing-masing.
Inilah beberapa tips Marketing yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: