Dalam beberapa ceramah  yang saya ikuti, ada satu pelajaran yang sangat berharga yaitu sejatinya seorang entrepreneur muda muslim tersebut harus bisa merasakan kehadiran Allah SWT dalam setiap aktivitas kehidupan yang dilakukannya, khususnya dalam setiap aktivitas yang berhubungan dengan bisnis yang pastinya menuntut bagaimana entrepreneur benar-benar tidak boleh keluar dari kerangka berfikir sebagai seorang umat yang selalu dekat dengan Allah SWT.

Kunci dari semua ini adalah bagaimana seorang entrepreneur muslim merasakan Allah itu melihat mereka setiap saat. Kehadiran Allah SWT akan membaut seorang entrepeneur muslim semakin memahami hakekat mereka sebagai seorang manusia dan juga wirausaha yang sejatinya benar-benar melakukan segala sesuatu itu hanya karena Allah SWT, bukan karena dan untuk yang lain. Inilah yang menjadi dasar pemikiran setiap entrepreneur muslim.



Merasa diawasi oleh Allah SWT akan membuat setiap keputusan yang dibuat entrepreneur menjadi terarah dan jauh dari hal-hal yang dilarang-Nya. Penting bagi entrepreneur untuk memahami hal ini karena banyak keputusan yang dibuat entrepeneur yang bertentangan dengan apa yang diperintahkan-Nya. Lihat saja bagaimana kesalahan dalam berbisnis yang banyak melanggaran aturan Allah SWT seperti riba, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan pribadi, menyakiti orang lain dan banyak aktivitas yang sadar atau tidak sadar akan memberikan dampak kepada entrepreneur itu sendiri.

Hal ini menjadi penting untuk dipahami oleh setiap entrepreneur ketika mereka memulai dan menjalankan serta mengembangkan bisnis yang begitu cepat perubahan lingkungannya yang akan berdampak pada diri dan bisnisnya. Oleh karena itu, pertama, entrepreneur harus benar-benar menyadari bahwa Allah SWT itu selalu ada didekat mereka dan selalu melihat apa yang dilakukan oleh setiap entrepreneur. kesadaran ini menjadi fondasi untuk menjadi entrepreneur muslim yang benar.

Kedua, entrepreneur muda muslim harus benar-benar terus mendalami agama Islam yang dapat dilihat dalam Alquran dan sunnah Rosul serta penjelasan yang diberikan oleh ulama yang pastinya mereka sudah mendalami agama serta menjalankannya. Ini penting karena agama Islam itu memiliki banyak ilmunya. INgat, Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang berilmu dan menjalankannya. Inilah tuntutan bagi entrepreneur untuk terus belajar agama.

Ketiga, manfaatkan ilmu tentang agama dalam kehidupan bisnis agar benar-benar terasa bagaimana sejatinya seorang entrepreneur muda muslim menjalankan bisnis. ini akan semakin memperkuat rasa bahwa Allah SWT itu benar-benar ada dan selalu melihat entrepreneur muda muslim. Bismillahirrahmanirrahim.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: