Business Today

Kemaren, terjadi lagi bentrok antara pengemudi angkutan umum, yaitu taksi dan pengemudi angkutan berbasis online di Jakarta. Bentrok yang merupakan kelanjutan dari demonstrasi yang terjadi minggu lalu, akan tetapi, lebih besar daripada minggu lalu. Lihat saja bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh demonstrasi kemaren bagi masyarakat Jakarta, sampai dengan kondisi kendaraan yang dirusak oleh kelompok  yang bersitegang.

Bahkan pemerintahpun mengambil sikap bagaimana kebijakan yang mereka ambil apabila masih tetap terjadi konflik tentang dua kelompok ini. sikap tegas pemerintah tersebut menunjukkan bagaimana dampak daripada konflik yang terjadi terhadap masyarakat dan keamanan nasional. Tentu hal ini tidak boleh terjadi lagi dalam negeri ini.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu pelajarannya sangat luar biasa karena berhubungan bagaimana bisnis itu bisa sustainable competitive advantage. Ada satu konsep dasar yang benar-benar harus dipahami oleh entrepreneur yaitu bagaimana dahsyatnya pengaruh dari perubahan lingkungan bisnis yang disebabkan oleh teknologi informasi. Perlu dihapami oleh setiap entrepreneur bahwa daya saing bisnis saat ini untuk mencapai sustainable competitive advantage agar bisa mencapai tujuan bisnis, membutuhkan teknologi informasi.
Hal ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh entrepreneur saat ini. "berteman"lah dengan teknologi informasi yang bisa membuat bisnis setiap entrepreneur tersebut bisa menjadi unggul. Teknologi informasi ini sangat relevan dengan business process yang ada dalam bisnis para entrepreneur, mulai dari supplier, input, process, output sampai dengan customer. Ini semua harus didukung oleh teknologi informasi.
Hal ini juga relevan dengan bagaimana entrepreneur itu tidak hanya menghasilkan produk berupa barang atau jasa, akan tetapi, menghasilkan sebuah VALUE atau nilai bagi pelanggan. Bahkan dengan teknologi informasi, yang diberikan kepada konsumen adalah SUPERIOR VALUE karena berhadapan dengan pesaing yang menawarkan produk  yang sama kepada pasar yang sama dengan dukungan teknologi informasi.
Oleh karena itu, entrepreneur perlu fokus dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam hal teknologi informasi yang sesuai dengan bisnis masing-masing. mari petakan kembali proses bisnis masing-masing dan tuliskan setiap proses tersebut. Lalu, mulai mencari teknologi informasi yang sesuai dengan bisnis entrepreneur karena tidak semua teknologi informasi itu sesuai dengan bisnis mereka. Lalu, gunakan dan kembangkan teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan mereka.
So, bagaimana dengan anda? Masih bertahan dengan proses bisnis yang konvensional? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: