Kemaren pagi, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari majelis taklim  yang saya ikuti yaitu bagaimana seorang entrepreneur muslim tersebut harus bisa mengendalikan emosi ketika menghadapi berbagia masalah yang ada di bisnis. sebuah fakta  yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur yaitu bagaimana bisnis yang dijalankan tersebut menghadapi berbagai tantangan dan bahkan masalah yang akan membuat entrepreneur seringkali emosi.
Lihat saja bagaimana permasalahan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan bahkan sumber daya manusia yang pastinya menyebabkan tujuan bisnis yang digambarkan pada TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan dari total revenue dikurangi oleh total cost. Permasalahan ini menjadikan tujuannya tidak tercapai. Pasti entrepreneur muslim akan kecewa dengan masalah  yang dihadapi tersebut.

Untuk itu, sejatinya seorang entrepreneur muslim harus terus meningkatkan rasa kesabaran dalam diri ketika menghadapi masalah. Sabar adalah emosi yang dimiliki oleh entrepreneur muslim dan sejatinya, emosi ini benar-benar harus dikontrol. Dalam konteks agama islam, umat muslim harus menyempurnakan imannya kepada Allah SWT dengan sabar dan sholat. Jelas bagaimana agama menuntun entrepreneur muslim untuk sabar.
Sabar yang dimaksud adalah sabar dalam menjalankan perintah Allah SWT, sabar dalam Menghindari larangan Allah Swt serta sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah SWT. Kesabaran ini adalah bagian dari upaya entrepreneur muslim untuk menjalankan bisnis sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh Allah SWT serta menghindari larangan-Nya dan juga menghadapi masalah yang berhubungan dengan bisnis.
Apa yang harus dilakukan oleh entrepreneur muslim untuk sabar? Pertama adalah keyakinan bahwa Allah SWT itu bersama diri setiap entrepreneur muslim. Ingatlah, AllahSWT itu akan selalu berada didekat mereka. Allah SWT itu tidak akan pernah jauh dari entrepreneur muslim dan itu adalah kekuatan yang sangat dahysat untuk dijadikan sabar.
Kedua, yakinlah bahwa Allah SWT itu adalah penguasa atas semua hal yang ada di bumi ini. Allah SWT akan membolak-balikkan hati manusia. Ketika Allah SWT memberikan ujian kepada entrepreneur muslim, maka Allah SWT juga akan mengangkatnya. Keyakinan ini akan membuat entrepreneur muslim itu tenang. Oleh karena itu, yang ketiga adalah teruslah berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Jangan pernah melupakan Allah SWT sehingga ketika entrepreneur muslim ditimpa masalah, dengan kekuatan zikir dan doa akan diangkat Allah SWT permasalahan tersebut.
Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: