Kemaren saya membaca satu tulisan yang membahas tentang Ciputra yang membrandingkan perusahaan beliau. Branding menjadi salah satu kunci sukses yang digunakan oleh Ciputra. Siapa yang tidak kenal beliau? sang maestro di properti ini dan sudah menjadi guru bagi banyak orang.

Bagi saya, Pak Ci adalah seorang juara dalam industri yang dipilih beliau yaitu properti. Juara diantara pelaku bisnis lainnya. Perjalanan panjang yang sudah dilalui oleh Pak Ci, adalah contoh yang luar biasa bagi para calon juara dalam menggapai impiannya. Tentu menjadi juara......


Salah satu pelajaran yang berharga adalah berhubungan dengan brand yang harus dikelola oleh para calon juara, termasuk entrepreneur.  Brand tersebut bisa menjadi sumber keunggulan bersaing (competitive advantage). Kenapa demikian?


 Menilik konsep brand, tentu tidak bisa lepas dari pendapat David Aaker yang memang gurunya brand. Brand merupakan simbol, angka, huruf, warna, logo yang membedakan satu produk dengan produk lainnya. Brand akan memiliki kontribusi optimal bila memiliki ekuitas merek yang tinggi. konsep dasarnya adalah brand equity.

Brand equity tersebut relevan dengan aset atau liability yang dimiliki oleh suatu produk yang bisa menaikkan atau menurunkan nilai merek. Ada lima tingkatan yaitu no brand, brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty.

Tentu, tingkatan terakhir adalah tujuan setiap brand dimana setiap brand dari bisnis yang dimiliki setiap entrepreneur untuk menjadi juara. Setiap orang berharap merek mereka sampai pada tingkatan brand loyalty dimana konsumen akan loyal dengan produk dan perusahaan entrepreneur.

Inilah yang dirasakan oleh Pak CI dengan brand Ciputra beliau. Brand Ciputra sudah melekat di benak konsumen, property langsung ingat pak Ci, bicara kualitas tentu ditampilkan oleh merek Pa Ci serta orang sangat loyal dengan brand Pak Ci yang ditampilkan oleh produk-produk property beliau.

Inilah tujuan yang hendak dicapai bila setiap entrepreneur berbisnis yaitu memiliki brand yang kuat dan setiap orang loyal dengan brand tersebut. lalu, apa yang harus dilakukan? inilah yangpaling penting dari pesan Pak Ci.

Brand Ciputra, menurut Pak Ci, tidak muncul begitu saja, tetapi dibangun dengan konsistensi, profesional, entrepreneur, dan integritas yang tinggi hingga akhirnya nama tersebut begitu dikenal dalam dunia properti, tidak hanya di da lam negeri, tetapi juga luar negeri (sumber: bisnis.com)

jadi, secara sepintas, brand tidak hanya dibentuk oleh logo, simbol ataupun kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. membangun brand bersifat integrasi.

Dulu, saya teringat dengan tesis yang saya lakukan untuk menyelesaikan Magister Manajemen, yang menghasilkan bahwa komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk membangun brand yang kuat itu terdiri dari promosi dan non promosi yaitu produk, place dan price.

Akan tetapi, dari pelajaran Pak Ci, seorang entrepreneur harus lebih dalam lagi yaitu bagiamana membangun brand dengan konsep integritas yang tinggi. Integrity menjadi roh nya seorang entrepreneur dalam membangun brand yang kuat. Kejujuran dalam menjalankan usaha. Inilah yang disebut dengan sumber dari trust bagi setiap entrepreneur.

Profesionalisme berhubungan dengan bagiamana terjadi kesesuaian antara yang dijanjikan dengan yang diberikan kepada konsumen. Profesionalisme ini menjadi penting bagi para entrepreneur. akhirnya akan dicapai kepuasan pelanggan dan juga loyalitas mereka kepada setiap entrepreneur.

Yang terakhir adalah konsisten dengan apa yang sudah diberikan kepada konsumen. Adanya standarisasi dari setiap layanan yang diberikan kepada konsumen adalah bentuk dari konsistensi seorang entrepreneur dalam membangun brand mereka.

Hal ini sangat terasa ketika saya memberikan layanan kepada siswa GIMB Foundation yang belajar di GIMB Entrepreneur School. Konsistensi dalam layanan berupa diskusi dan materi adalah kunci dalam membangun brand.

Pada akhirnya, setiap entrepreneur yang ingin menjadi juara dalam bidangnya, harus memiliki komitmen yang tinggi untuk terus membrandingkan produk dan usaha mereka, dimanapun berada. Inilah yang akan dipegang oleh konsumen.

Marilah kita bangun brand usaha dan produk seperti konsep yang dibangun oleh Pak Ci untuk membuat usaha kita juara... salam juara.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: