Business Today

 "Masa depan kita bergantung kepada daya saing, inovasi, keterampilan dan produktivitas. Dan semua ini bergantung kepada pendidikan kita," begitulah pendapat yang disampaikan oleh Julia Gillard, Perdana Menteri Australia 2010 – 2013. Hal ini rasanya sangat relevan dengan apa yang dikembangkan di negara saat ini yaitu bagaimana pendidikan kewirausahaan atau entrepreneurship yang dikembangkan oleh akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, perbankan dan sampai dengan media.

Bisa dilihat saat ini bagaimana setiap bagian dari penthahelix tersebut mengembangkan pendidikan kewirausahaan. Akan tetapi, jelas tujuan yang harus dicapai adalah bagaimana meningkatkan daya saing, inovasi dan keterampilan yang akan mencapai hasil akhir yaitu producktivitas dari setiap bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur. sejatinya, program entrepreneurship education atau pendidikan entrepreneurship harus sudah fokus pada hal-hal di atas.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga untuk pendidikan entrepreneurship yang nota bene tidak hanya saja berhubungan dengan entrepeneur itu sendiri, akan tetapi juga berhubungan dengan konteks bagaimana menjadikan karyawan sebagai seorang entrepreneur yang dalam hal ini disebut sebagai intrapreneur. Artinya adalah seorang karyawan yang memilliki karakter sebagai seorang entrepreneur yaitu kreatif dan inovatif sehingga akan memberikan dasar untuk mereka bekerja dan mencapai tujuan.

Aspek lain yang harus dikembangkan oleh setiap entreneur bagi karyawan mereka adalah bagaimana karyawan memiliki pengetahuan yang optimal tentang pekerjaan mereka. Basis dari setiap orang bisa bekerja secara optimal adalah bagaimana pengetahuan tentang pekerjaan mereka sendiri. Pengetahuan relevan dengan what to do. Hal ini penting karena akan menentukan tingkat kedua yaitu skill dalam menjalankan pekerjaan. Skill ini sudah mencapai pada how to do…..

Adapun yang ketiga adalah sikap mereka dalam bekerja yaitu bagiamana mereka merespon apa yang datang kepada karyawan. tentu yang yang diharapkan adalah bagaimana karyawan memiliki positive thinking, positive feeling dan positive attitude sampai kepada character yang dimiliki oleh setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur fokus pada peningkatan knowledge, skill dan attitude melalui pelatihan, pengembangan karir, coaching dan mentoring sehingga setiap karyawan dalam perusahaan akan bisa memiliki daya saing, inovasi dan keterampilan yang pada akhirnya menghasilkan produktivitas yang optimal dalam bekerja dalam kerangka mencapai tujuan bisnis itu sendiri  yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Bagiamana dengan anda? Sudah bisa fokus dalam memberikan pendidikan entrepreneurship bagi karyawan? hmmmmm 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: