Apa tugas utama setiap entrepreneur? inilah pertanyaan yang seringkali ditanyakan kepada kami selaku pelaku bisnis serta akademisi yang pastinya selalu berhubungan dengan bagaimana bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable serta tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar melalui sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing dibandingkan dengan pebisnis lainnya.

Tugas utama setiap entrepreneur adalah bagaimana mereka melakukan tugas membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam bisnis itu sendiri. Tugas ini melekat pada diri setiap entrepreneur setiap saat dan dimanapun berada. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap saat entrepreneur itu menghadapi masalah yang tidak sedikit, baik dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Intinya, masalah itu akan selalu ada, baik yang datang dari dalam maupun luar bisnis para entrepreneur.


Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus bisa menyelesaikan masalah dalam konteks bagaimana mereka bisa membuat masalah itu selesai. Ada hal  yang menarik untuk itu yaitu bagaimana entrepeneur berfikir sistem dalam penyelesaian masalah yaitu input, process, output, outcome sampai dengan impact. Artinya, masalah yang dihadapi oleh entrepreneur harus diselesaikan, tidak hanya selesai begitu saja. Penyelesaian harus juga sampai dengam dampak positif dalam jangka panjang.

Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur bahwa dia harus menyadari bahwa tugas utama mereka adalah membuat keputusan bisnis dengan memperhatikan konsep TP = TR – TC yaitu bagaimana mengoptimasi total profit melalui peningkatkan total revenue yang dikurangi dengan total cost sehingga akan diketahui bagaimana dasar keputusan setiap entrepreneur dalam berbisnis. Ini adalah dasar bagi keputusan dari setiap entrepreneur.

Selain itu, yang menjadi patokan adalah bagaimana bisnis itu bisa memberikan manfaat bagi banyak orang karena sejatinya entrepreneur tidak hanya memikirkan diri sendiri. Hal ini tercermin pada kontribusi pada karyawan dan masyarakat serta konsumen itu sendiri. Manfaat bagi konsumen itu harus benar-benar menjadi point utama bagi pemikiran setiap entrepreneur.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur bisa membuat keputusan yang juga menjaga kelestarian alam dalam jangka panjang serta memberikan kontribusi pada tumbuh dan berkembangnya bisnis para entrepreneur dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Inilah yang harus menjadi kerangka berfikir setiap entrepreneur dalam berbisnis khususnya dalam membuat keputusan dan menyelesaikan masalah.

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting




Share To:

meriza hendri

Post A Comment: