Menjadi entrepreneur akan dibebankan tugas yang tidak ringan yaitu bagaimana mereka harus membuat keputusan yang tidak hanya bisa menyelesaikan masalah, akan tetapi juga sampai kepada jangka panjang yang bersifat impact atau dampak. Hal ini penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. ingat saja, setiap saat harus membuat keputusan bisnis yang harus memperhatikan banyak hal.
Tentu yang menjadi concern entrepeneur itu tidak boleh apa yang ada di depan mata saja karena itu artinya bersifat jangka pendek. Tidak bisa seperti itu. Yang paling penting bagi entrepreneur adalah bagaimana memikirkan impact atau dampak dari setiap keputusan yang dibuat. Dampak itu akan terasa dalam dua hal yaitu dampak positif dan juga dampak negative dari keputusan tersebut. Yang jelas, akan memiliki dimensi yang jangka panjang. Tidak setelah waktu seorang entrepreneur membuat keputusan.

Oleh karena itu, entrepeneur harus benar-benar fokus pada memikirkan impact atas setiap keputusan yang mereka buat. Impact ini akan terasa sekali ketika entrepeneur dalam konteks profit. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan akan menjadi perhatian yaitu TP = TR – TC. Dalam hal ini, profit dihasilkan dari revenue yang dikurangi dengan total cost. Perhatikan impact setiap keputusan entrepreneur pada aspek ini.
Impact kedua adalah image. Entrepeneur harus memperhatikan impact dari setiap keputusan kepada image mereka masing-masing karena asset yang paling penting itu adalah image, baik personal image, product image sampai kepada corporate image yang semuanya saling berhubungan dan saling berkaitan satu sama lain. Penting bagi entrepreneur untuk fokus pada konsep image ini.
Ketiga, impact dari setiap keputusan kepada pemegang saham. Keempat, impact keputusan terhadap karyawan. kelima, impact terhadap konsumen, keenam, impact terhadap stakeholder lainnya . ketujuh, impact terhadap lingkungan alam, kedelapan, impact terhadap pertumbuhan perusahaan dari skala mikro, kecil, menengah sampai besar.
Hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam membuat setiap keputusan bisnis yang ada di dalam diri dan bisnisnya. Oleh karena itu, jelas bagaimana entrepeneur harus membuat sebuah keputusan itu berdasarkan kepada logika dan bukannya emosi yang melekat pada diri mereka masing-masing.
Jangan pernah membuat keputusan dalam keadaan emosi dalam konteks apathy, senang, sedih, tertekan, marah, takut karena itu hanya akan membuat keputusan setiap entrepreneur itu blunder. Pasti impact tidak akan pernah terfikirkan.
STRABIZ Manajemen Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: