Ceramah pagi ini benar-benar memberikan pelajaran yang luar biasa karena berhubungan dengan waktu yang menjadi salah satu asset yang paling berharga bagi setiap entrepreneur. waktu itu adalah asset yang paling mahal karena tidak bisa dibeli dan diganti oleh entrepreneur. kalau sudah lewat, ya sudah, itulah apa adanya. Bahkan tidak akan bisa dibeli agar bisa diambil kembali. Demikianlah gambaran waktu dan bagi setiap entrepreneur, harus benar-benar dimaknai dengan baik.
Hal ini membuktikan sumpah ALLAH SWT yang menyatakan bagaimana Dia mengajarkan kepada umat-Nya untuk benar-benar memanfaatkan waktu. Demi masa, demikianlah Allah SWT bersumpah. Lihat saja surat Al ashr yang menggambarkan bagaimana sumpah Allah SWT tentang waktu. Sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi.

Rasulullah juga menyatakan bahwa manusia itu dalam keadaan celaka ketika hari ini lebih jelek dibandingkan dengan kemaren, akan merugi kalau sama dengan hari kemaren. Jelas ini memperkuat bagaimana strategisnya waktu itu bagi setiap umat muslim, termasuk entrepreneur muslim dalam menjalankan bisnis. waktu itu harus benar-benar dimanfaatkan setiap saat untuk kepentingan bisnis sehingga tujuan bisa tercapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang.
Sekarang, kembali ke entrepeneur. Sudahkah menyadari akan hal ini? bagaimana strategisnya waktu bagi entrepreneur dalam berbisnis. Pertama, manfaatkan lah waktu dengan optimal untuk mencapai tujuan bisnis. optimasi waktu dengan membuat perencanaan yang terdiri dari analisis lingkungan internal dan eksternal dan menetapkan tujuan bisnis yang spesifi, measurable, attainable, realistis dan dengan jadwal  yang ketat.
Kedua, entrepreneur menjalankan rencana dengan secara efektif dan efisien. percuma saja membuat remcana dengan baik kalau tidak dijalankan. Seringkali orang hanya hebat membuat rencana, akan tetapi, lemah dalam implementasinya. Jelas ini tidak baik untuk bisnis itu sendiri. Pasti akan gagal dalam bisnis untuk mencapai tujuan, apalagi gagal dalam mengelola waktu ada di bagian dari rencana itu sendiri dalam bisnis.
Ketiga, lakukan pilihan aktivitas setiap saat. Pilihlah kegiatan yang penting dan mendesak karena itu akan membantu entrepreneur dalam memanfaatkan waktu yang terbatas. Tidak akan ada waktu untuk tidak fokus pada bisnis. fokuslah pada kedua kegiatan ini. kalaupun ada kegiatan yang tidak penting, dan tidak bermanfaat, tinggalkan. Adapun kegiatan yang penting, tapi tidak mendesak, bisa ditunda. Sementara yang mendesa, tetapi tidak penting, bisa didelegasikan.
Marilah mulai memanfaatkan waktu dengan baik.
Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: