Hari ini, Umat muslim akan menyaksikan gerhana matahari total (GMT) yang akan berlangsung selama beberapa jam dimana akan disaksikan oleh sebelas provinsi y ang akan dilewati oleh gerhana tersebut. Hari ini menjadi hari yang sangat penting karena kejadian ini adalah kejadian langka yang belum pasti akan disaksikan oleh umat muslim setiap tahun.
Secara konseptual, hal ini adalah penting bagi setiap entrepeneur muslim karena ini adalah bentuk dari kekuasaan Allah SWT dimana Dia lah sang pencipta alam semesta dan sejatinya seorang muslim menyadari dengan baik apa yang sedang terjadi dan melakukan berbagai tindakan yang relevan dengan kejadian dan bahkan mendapatkan nilai positif dari kejadian ini.

Entrepreneur muda msulim diharapkan memiliki pemahaman  yang lebih baik terhadap kejadian ini karena kegagalan dalam pemahaman akan berdampak kepada bagaimana entrepreneur menyikapi gerhana matarahi total ini. akibatnya, karena ketidaktahuan, malah salah dalam membuat keputusan bisnis yang dapat merugikan diri dan bisnis para entrepeneur.
Adanya hukum Allah SWT yang harus dijalankan ketika setiap entrepreneur yang gagal memahami dengan baik tentang apa kekuasaan Allah SWT dan bagaimana menjalankannnya. Rasanya, tidak salah ketika bicara bagaimana entrepreneur itu seharusnya memiliki pengetahuan yang baik tentang agama islam dalam menjalankan bisnis karena diatur dalam Alquran dan sunna Rasul semua hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut.
Kembali ke GMT tadi, bagi entrepreneur sejatinya menjalankan sholat gerhana dua rakaat yang sudah diajarkan dalam agama Islam. Selanjutnya adalah memperbanyak istighfar kepada Allah SWT karena dengan begitu, memohon ampunan kepada Allah atas seluruh dosa-dosa yang pernah diperbuat, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga ketika gerhana matahari total ini diharapkan dosanya sudah tidak ada.
Selain itu, mengumandangkan takbir atas kekuasaan Allah SWT. Tentu entrepreneur berharap bagaimana nanti setelah gerhana tersebut, masih bisa melihat alam ini dan Allah SWT terus memberkahi apa yang sudah, sedang dan yang akan dilakukan oleh entrepreneur dalam bisnis ini. tidak bisa dipungkiri bahwa Allah itu maha kuasa sehingga setiap apa yang direncanakan, harus mendapatkan keridhaan Allah SWT dan berkah.
Demikian juga dengan bagaimana entrepreneur itu memperbanyak sedekah setelah melakukan sholat gerhana. Tentu hal ini adalah bagian dari ibadah  yang bisa dilakukan kepada Allah SWT. Terlepas dari itu semua, sebagai entrepreneur muda muslim, sudah seharusnya mengakui akan kebesaran Allah SWT dan terus mencari keridhaan-Nya dalam beribadah, termasuk dengan gerhana matahari total ini.
Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: