Business Today
Dua hari yang lalu, terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah Sumatera, tepatnya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa yang berkekuatan 8,2 Skala Richter tersebut membuat masyarakat di Kepulauan Mentawai pada khususnya dan Sumatera Barat serta Sumatera pada umumnya menjadi terkejut karena dikhawatirkan juga akan menimbulkan tsunami yang dapat membahayakan kondisi masyarakat di sana.

Dampak gempa tersebut juga terasa di Singapura dan Malaysia yang secara geografis adalah dua negara tetangga yang berdekatan dengan wilayah terjadinya gempa. Tentu kejadian dua hari yang lalu tersebut adalah sebuah aktivitas alam yang pastinya akan selalu terjadi dalam kehidupan karena Indonesia berada dalam jalur gempa yang sejatinya setiap saat akan selalu timbul kemungkinan terjadinya gempa. Akibat gempa, masyarakat Kota Padang dan di Kepulauan Mentawai bersegera menuju tempat ketinggian setelah pemerintah membunyikan sirine. Doa untuk saudara di Kepulauan Mentawai dan Padang untuk keselamatan dari musibah


Sebagai seorang entrepreneur, tentu harus bisa mengambil sebuah pelajaran yang berharga atas kejadian ini karena merupakan aspek yang berhubungan dengan diri dan bisnis masing-masing. entrepreneur melihat ini sebagai sebuah dampak dari lingkungan eksternal bisnis yang dapat setiap waktu mempengaruhi aktivitas bisnis yang dimana bisa saja berdampak negative ataupun positif. Kejadian alam berupa gempa memberikan gambaran bagaimana lingkungan eksternal tersebut benar-benar selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan menimbulkan turbulensi atau perubahan secara tiba-tiba.

Yang paling penting bagi entrepreneur adalah bagaimana memberikan tanggapan secara cepat atas perubahan lingkungan tersebut. Tanggapan yang cepat akan membuat dampak dari perubahan lingkungan bisa diminimalisir sehingga bisnis masih tetap bisa berjalan untuk mencapai sustainable competitive advantage dan tujuan bisnis tercapai. Hal ini menjadi patokan bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan binsisnya.

Oleh karena itu, tanggapan yang cepat atas setiap perubahan lingkungan bisnis adalah kunci untuk sukses entrepreneur dalam menghadapi setiap perubahan. Dalam konteks manajemen, inilah yang berhubungan dengan manajemen resiko yang sejatinya para entrepreneur harus memberikan perhatian lebih karena dengan manajemen resiko, setiap perubahan lingkungan bisnis sudah mulai dideteksi dampaknya dan dilakukan tindakan untuk meminimalisirnya.

Inilah yang perlu dilakukan oleh entrepreneur sehubungan dengan perubahan lingkungan yang begitu cepat saat ini. tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan lingkungan itu menjadi sesuatu yang pasti dan dituntut setiap entrepreneur dapat memberikan tanggapan yang cepat sehingga kerugian bisa diminimalisir. Bagaimana dengan anda? Siap melakukan tanggap darurat untuk setiap perubahan lingkungan bisnis? hmmmmmmm….






Share To:

meriza hendri

Post A Comment: