Business Today
Hari ini, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan sebuah kejadian yang sangat langka yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) yang melewati sebelas provinsi di Indonesia. Kejadian  yang pastinya akan sangat jarang terjadi dan itupun tidak semua negara yang bisa melihat kejadian ini yang menunjukkan bagaimana kekuasaan Allah SWT tentang bagaimana keteraturan di alam semesta.
Masya Allah dimana kuasa Allah SWT ini akan disaksikan oleh jutaan dan bahkan miliaran manusia dan sebagai bangsa Indonesia, bersyukur bisa menyaksikan kejadian ini. bahkan para ahli dan juga wisatawan manca negara banyak yang berdatangan ke Indonesia untuk menyaksikan GMT di beberapa provinsi yang dilewatinya.
Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang bisa diambil dari GMT ini karena konteksnya adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa melihat setiap perubahan lingkungan alam sebagai bagian dari lingkungan eksternal yang ada di sekitar bisnis masing-masing. Bentuknya juga akan berhubungan dengan bagaimana perubahan lingkungan eksternal berupa peluang atau ancaman yang harus dihadapi oleh entrepreneur.

Inilah tuntutan setiap entrepreneur menjadi ahli strategi atau memiliki kerangka berfikir strategic thinking bagi bisnisnya. Lalu, apakah GMT ini selalu dilihat dalam kerangka bisnis? Salah satunya iya, akan tetapi bukan satu-satunya. Ada hal yang menarik yaitu bagaimana setiap entrepreneur mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Hal ini adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur ketika menyaksikan GMT.
Rasa syukur akan menjadi kekuatan dan fondasi untuk melangkah ke hal yang berikutnya yaitu bagaimana entrepreneur, khususnya yang muslim untuk melakukan sholat gerhana matahari yang juga melakukan takbir selama gerhana matahari.
Selain itu, entrepreneur juga bisa melihat ini adalah bentuk bagaimana benar-benar lingkungan eksternal bisnis yang salah satunya alam itu benar-benar nyata dan harus dipahami sebagai sebuah fakta yang tidak bisa dibantahkan. Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah SWT dan sejatinya entrepreneur benar-benar dilihat sebagai sebuah hal yang penting bagi entrepreneur.
Oleh karena itu, entrepreneur perlu fokus melihat gerhana matahari total sebagai sebuah bukti bagaimana kekuasaan Allah SWT terhadap alam semesta ini dan sejatinya bisa meningkatkan iman dan islam akan terhadap Allah SWT dan terus memperbanyak amal ibadah yang pastinya juga akan memberikan dampak positif terhadap diri dan perjalanan bisnis setiap entrepreneur. Bagaimana dengan anda? Hmmmm..

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: