Dalam konteks entrepeneur, sudah menjadi kewajiban untuk memiliki kerangka berfikir sebagai seorang manajer untuk bisnis mereka karena pada awal berjalannya bisnis, boleh memiliki kerangka berfikir sebagai entrepreneur, akan tetapi, untuk menumbuhkembangkan bisnis, harus berfikir sebagai seorang manajer yang pada hakekatnya seiring dengan bertambahnya jumlah karyawan yang akan menjalankan perusahaan.

Ada satu pemahaman yang mendasar yaitu proses berkembangnya perusahaan millik entrepreneur itu sangat ditentukan oleh bagaimana mereka menerapkan managerial skill untuk bisa tumbuh dan berkembang. Managerial skill untuk setiap entrepreneur adalah sebuah kewajiban agar bisa membuat perusahaan bisa tumbuh seiring dengan usia perusahaan yang juga semakin bertambah dari tahun ke tahun.



Kerangka berfikir seorang manajer itu harus dilihat dari beberapa aspek dan yang paling utama adalah bagaimana kerangka berfikir dengan konteks planning, organizing, actuating sampai dengan controlling. Keempat tahapan dalam berfikir ini harus benar-benar dipahami dan dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan aktivitas manajemen strategik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumberdaya manusia.

Planning adalah bagaimana wirausaha fokus dalam membuat perencanaan dimana dalam aktivitas ini, terdapat analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal untuk menentukan posisi wirausaha dan bisnisnya di pasar. dalam konteks ini, menjadi dasar untuk mengukur kekuatan dan kelemahan setiap entrepreneur dan bisnisnya. Menjadi penting bagi entrepreneur untuk melakukan hal ini sehingga dapat membuat tujuan yang hendak dicapai oleh wirausaha.

Dalam konteks ini, wirausaha diharapkan dapat membuat program dalam kerangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan tadi. Entrepreneur harus bisa fokus pada penciptaan program dan bagaimana nantinya bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Program ini berhubungan dengan program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi informasi.

Selanjutnya adalah bagaimana wirausaha melakukan pengorganisasian atau organizing dimana wirausaha mengelola sumber daya yang berasal dari uang, orang atau karyawan, metode, bahan baku serta mesin. Organizing ini bertujuan untuk membuat wirausaha bisa menjalankan program dengan baik. Inilah yang harus menjadi perhatian.

Dalam konteks actuating atau menjalankan program wirausaha membutuhkan yang namanya leadership skill yang kuat, kemampuan membuat keputusan, kemampuan komunikasi serta membagi pekerjaan sesuai dengan kompetensi karyawan. ini menajdi penting bagi wirausaha karena tanpa kemampuan tersebut, akan susah mencapai tujuan.

Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur melakukan evaluasi dan control atas apa yang dilakukan serta apa yang dicapai dengan membandingkan antara tujuan dengan realisasi serta mencari cara untuk melakukan perbaikan. Inilah yang harus dimiliki entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: