Business Today

Melihat kemenangan yang diraih oleh Persib melawan tim lawan yaitu TNI dalam piala Bhayangkara beberapa hari yang lalu menunjukkan bagaimana hebatnya tim Persib dalam dunia sepak bola Indonesia yang saat ini sedang dalam keadaan yang tidak jelas. Artinya, ditengah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang belum dicabut oleh Pemerintah sehingga belum bergabung kembali dengan induk sepak bola dunia yaitu FIFA.

Perjuangan yang dilakukan oleh Persib dalam mengalahkan tim sepak bola TNI benar-benar berusaha keras dengan strategi yang diarahkan oleh pelatih yang tidak henti-hentinya dari pinggir lapangan. Tentu hal ini adalah bagian dari proses yang ada selama pertandingan yang menghabiskan waktu selama dua kali empat puluh lima menit. Alhamdulillah perjuangan tim Persib tidak sia-sia dan bagaimana mereka bisa memenangkan persaingan tersebut.


Sebagai seorang entrepeneur, tentu banyak pelajaran  yang bisa diambil dari pertandingan kemaren. Pertama adalah sebagais seorang entrepreneur harus benar-benar memiliki tujuan yang jelas yaitu bagaimana memenangkan persaingan dalam bisnis. tentu hal itu relevan dengan tujuan bisnis yang dapat dilihat dari profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Di Persib sendiri, jelas tujuannya adalah kemenangan agar menjadi juara grup A sehingga bisa menghadapi runner up grup B di semi final.

Kedua adalah bagaimana entrepreneur harus memiliki tim yang kompeten. Lihat saja tim Persib yang diisi oleh orang-orang hebat dalam sepak bola. Hal ini menjadi kunci sukses tim Persib yang dapat dicontoh. Entrepreneur juga harus memiliki tim terbaik yang terdiri dari karyawan  yang hebat dan memiliki kompetensi yang tinggi dengan tujuan, bisa memiliki kapabilitas organisasi dalam konteks manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang hebat.

Ketiga adalah bagaimana entrepreneur perlu memiliki pemahaman yang baik tentang strategi yang digunakan oleh pesaing. Knowing how to compete adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh entrepreneur agar bisa memenangkan persaingan. Yang terakhir adalah perlunya entrepreneur itu memiliki seorang coach atau pelatih yang jelas sekali memiliki knowledge, skill dan attitude tentang bisnis sehingga bisa memberikan arahan kepada entrepreneur tentang bagaimana menjalankan bisnis dan memberikan arahan dalam konteks problem solving yang dihadapi oleh entrepeneur. Ini perlu dimiliki oleh setiap entrepeneur. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: