Business Today
Bicara tentang bisnis yang dikembangkan oleh wirausaha saat ini adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa menggali berbagai ide yang bisa dihubungkan dengan bisnis yang akan dijalankan ataupun dikembangkan. Banyak sekali wirausaha yang muncul di negara ini dan semuanya berharap akan bisa unggul dan sukses sehingga dapat menjadi bisnis yang diandalkan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable, tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Beberapa hari ini, terlihat bagaimana wirausaha didorong untuk masuk ke pasar ASEAN ataupun mereka bisa unggul di pasar dalam negeri karena pasar potensial yang akan dijadikan target oleh produk-produk yang dihasilkan oleh wirausaha dari 10 negara ASEAN adalah Indonesia. Artinya, Indonesia akan menjadi target utama para pengusaha dan sejatinya wirausaha Indonesia mulai menyadari bagaimana sejatinya seorang entrepeneur.

Pelajaran yang paling berharga bagi setiap entrepreneur adalah bagaimana mereka mengembangkan industri kreatif ataupun menempelkan kreativitas yang tinggi untuk setiap bisnis yang dikembangkan. Konteks ini menuntut wirausaha untuk selalu membaca berbagai buku ataupun belajar tentang manajemen serta memanfaatkan seluruh modal sosial atau social capital dari akademisi, perusahaan, pemerintah, media dan perbankan serta komunitas agar ada inovasi dalam produk yang mereka tawarkan.
Selain itu, kreativitas juga dikembangkan dalam konteks manajemen keuangan, pemasarana, business proses serta manajemen sumber daya manusia dengan basis teknologi informasi dan komunikasi yang bisa dijadikan sebagai backbone oleh wirausaha dalam menjalankan bisnis. semuanya harus diintegrasikan dalam bisnis wirausaha sehingga akan muncul kreativitas dan inovasi yang membangun sebuah sustainable competitive advantage atau keunggulanb bersaing yang berkelanjutan.
Sudah waktunya wirausaha untuk fokus pada pengembangan bisnis dengan basis industri kreatitf yang ditempelkan dalam setiap bisnis yang dijalankan. Konsep creative industry sebagai basis setiap wirausaha harus menjadi dasar dalam menjalankan bisnis. inilah yang harus menjadi perhatian wirausaha saat ini dan yang akan datang.
Oleh karena itu, sejatinya wirausaha untuk fokus dalam meningkatkan kreativitas diri dan bisnis sehingga akan semakin banyak ide-ide baru yang bisa dikembangkan dalam konteks produk, keuangan, pemasaran, proses bisnis dan sumber daya manusia. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kreativitas dalam melihat lingkungan eksternal bisnis sehingga memberikan peluang untuk membuat wirausaha membuat bisnis yang jauh leih unggul dari pesaing. Bagaimana dengan anda? Sudah siap mengembangkan kreativitas dalam bisnis? hmmmmmm.. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: