Dalam kehidupan ini, entrepreneur muda muslim harus benar-benar menyadari bahwa kehidupan itu tidak hanya didunia saja karena dunia ini sifatnya adalah fana atau tidak akan kekal selama-lamanya. Ada satu hal yang menarik bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis yaitu sejatinya, mereka juga memiliki kesadaran bahwa bisnis ini adalah salah satu aktivitas di dalam kehidupan dan sifatnya juga tidak akan kekal selama-lamanya. Sebuah hukum alam yang tidak bisa ditolak.

Sebagai seorang entrepreneur muslim, ada satu fondasi yang harus dimiliki dalam kerangka berfikir sebagai seorang entrepreneur muslim yang tidak hanya berfikir bisnis di dunia saja, akan tetapi, juga berfikir bisnis setelah meninggalkan dunia ini. seringkali orang terjebak dengan bagaimana membangun bisnis, akan tetapi, tidak memikirkan apa yang akan terjadi setelah ini sehingga mereka juga menjadi tidak fokus terhadap bisnis.



Ada satu hal yang paling penting yaitu bagaimana dalam mindset setiap entrepreneur muslim tentang bagaimana kehidupan setelah di dunia ini. sejatinya seorang entrepreneur muslim harus memiliki pemahaman bagaimana kehidupan setelah di dunia ini adalah sesuatu yang pasti dan akan dihadapi oleh setiap entrepreneur muslim. Adanya kehidupan di alam kubur, alam barzah dam bahkan alam akhirat yang dimana setiap entrepreneur muslim akan kekal disana. Berbeda sekali dengan kehidupan di dunia ini.

Oleh karena itu, entrepreneur muslim harus benar-benar memahami akan hal ini. jangan naïf dengan kehidupan setelah di dunia. Selanjutnya adalah menjadikan bisnis ini sebagai kendaraaan untuk mencapai kehidupan yang berkah dan selamat di dunia dan akhirat. Hal ini menunjukkan bagaimana entrepreneur tidak melakukan dikotomi terhadap kehidupan di dunia dan akhirat dalam konteks bisnis dan agama.

Yang ketiga adalah bagaimana entrepreneur mendalami agama islam dalam menjalankan agama dan kehidupan ini. Alqur’an dan sunnah Rasul adalah sumber agama yang juga nantinya dijelaskan oleh alim ulama serta para pemimpin yang memahami agama dengan baik. Pelajaran tentang agama Islam adalah dasar bagi setiap entrepreneur muslim.

Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur menjalankan agama islam dalam bisnis. jangan sampai membuat keputusan dan bertindak dalam bisnis bertentangan dengan agama Islam. Ini yang paling penting bagi setiap entrepreneur. sudah waktunya entrepreneur muslim memiliki pemahaman yang mendalam tentang kehidupan setelah dunia ini dengan baik sebagai dasar untuk menjaga fikiran, ucapan dan tindakan bisnis dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai agama islam.


Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: