Ada satu tantangan terbesar seorang entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya yaitu bagaimana menggunakan manajemen. Hal ini jarang sekali dibahas oleh banyak orang yang akan sukses dalam berbisnis dimana yang seringkali dianggap yang paling utama adalah bagaimana memulai bisnis. bahkan konsep action lebih penting bagi entrepreneur daripada berfikir untuk menjadi entrepreneur.
Dalam konteks entrepreneur di awal bisnisnya, memang konsep menjadi entrepreneur dengan konsep action adalah penting. Karena entrepreneur itu bukanlah sebagai pemikiran yang harus dibuatkan konsep secara menyeluruh. Jadi, action itu adalah yang paling penting dan utama bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Action kunci sukses diawal setiap entrepreneur untuk menjadi orang yang sukses.

Akan tetapi, mindsetnya harus dirubah ketika akan membangun bisnis dari yang hanya dijalankan seadanya dengan basis action oriented. Hal ini menjadi penting karena untuk membuat bisnis tersebut tumbuh, yang diperlukan adalah manajemen bagi bisnisnya. Konsep manajemen itu sendiri seiring dengan semakin bertambahnya resources atau sumber daya yang ada di dalam perusahaan wirausaha.
Sumber daya yang dimaksud adalah adanya man, money, machine, method, material, informasi, market dan bahkan minutes. Semuanya adalah resources yang harus benar-benar dikelola oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.
Manajemen itu pada dasarnya adalah bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain  untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, terlihat bagaimana seorang entrepreneur sudah memiliki orang lain dalam perusahaan mereka untuk bekerja. Orang lain itu bisa berupa karyawan ataupun orang-orang yang terlibat dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dalam konteks ini, mindset seorang entrepreneur tentang managerial skill berhubungan dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia serta manajemen strategik yang harus dikuasai oleh setiap entrepreneur. manajemen ini bersifat hard skill dan suka tidak suka, entrepreneur harus memahami manajemen inilah yang menjadi bagian dari perusahaan dan harus dijalankan oleh entrepreneur.
Sejatinya, entrepreneur fokus dalam peningkatan knowledge, skill dan attitude yang berhubungan dengan manajemen dalam berbisnis. Manajemen keuangan berhubungan dengan bagaimana pengelolaan keuangan perusahaan, manajemen pemasaran berhubungan dengan manajemen konsumen, manajemen operasi berhubungan dengan pengelolaan proses bisnis dari supplier, process, output sampai dengan konsumen dan manajemen sumber daya manusia bagaimana mengeloal karyawan sehingga produktivitas optimal. Sementara, manajemen strategik bagaimana mengelola lingkungan bisnis sehingga bisa tetap mencapai tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
Tim STRABIZ Manajemen Bandung 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: