Business Today
Kemaren, seluruh stakeholders yang berhubungan dengan kegiatan gelar produk seribu wirausaha baru Jawa Barat berkumpul di Kantor Balatkop Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat. Pertemuan yang digagas oleh Balatkop tersebut memperlihat bagaimana persiapan akhir  yang harus disiapkan sehingga acara ini dapat memberikan value kepada setiap entrepreneur dan juga kepada stakeholders lainnya yaitu pihak kampus, pelaku bisnis, pemerintah, komunitas, perbankan dan lain-lain.

Sebagai seorang entrepeneur, tentu ada sebuah pelajaran yang sangat berharga yang bisa diambil dari kegiatan kemaren yaitu bagaimana entrepreneur melihat sebuah peluang yang luar biasa dari pemerintah yang notabene menjalankan peran sebagai regulator. Pemerintah itu memiliki peran strategis bagi entrepreneur kalau benar-benar dianalisis dengan baik yaitu mencapai tujuan negara untuk memakmurkan masyarakat.


Entrepreneur adalah bagian dari masyarakat yang harus dimakmurkan sehingga ini adalah awal berfikir bagi setiap entrepreneur untuk fokus pada bagaimana memahamai apa yang dijalankan oleh pemerintah. Hal ini menjadi fondasi yang harus dijalankan oleh pemerintah dan relevan dengan apa yang dijalankan oleh entrepreneur itu sendiri. Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa pemerintah itu akan membantu masyarakat.

Selanjutnya, entrepreneur memahami setiap program yang dijalankan oleh pemerintah. Artinya, program  yang relevan dengan pengembangan bisnis wirausaha adalah aspek yang harus dimanfaatkan oleh entrepeneur dengan baik. Lihat saja bagaimana irisan antara program pemerintah dengan bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur. irisan ini akan dipertajam lagi tentang bagaimana kontribusi pada pencapaian tujuan bisnis setiap entrepreneur yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Entrepreneur perlu juga membangun komunikasi yang positif dengan pemerintah karena inilah awal yang seringkali tidak dilakukan oleh entrepreneur. membangun komunikasi sehingga pemerintah memahami siapa mereka dan pastinya akan membangun sebuah trust atau kepercayaan kepada entrepreneur. ini adalah awal yang sangat strategic bagi setiap entrepreneur.

Yang tidak kalah penting adalah jangan hanya berteori dan berencana, akan tetapi, langsung action dengan aktif  menjalankan program pemerintah. Dalam hal ini, entrepreneur melakukan pembuktian kepada pemerintah bahwa entrepreneur memiliki kompetensi dalam menjalankan program pemerintah dan pada akhirnya memberikan kualitas produk yang tinggi. Inilah yang penting bagi entrepeneur yang berhubungan dengan bagaimana memanfaatkan program. O iya, tetap jaga integritas diri sehingga menjadi nilai utama bagi pemerintah melihat diri seorang entrepreneur. bagaimana dengan anda? hmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: