Bagi setiap entrepreneur, tuntutan mereka untuk menumbuhkembangkan bisnis adalah bagaimana menerapkan manajemen dalam bisnisnya. Manajemen yang terdiri dari fungsi planning atau perencanaan, pengorganisasian, menjalankan rencana sampai dengan melakukan evaluasi dan kontrol atas apa yang sudah dijalankan dengan membandingkan antara tujuan di perencanaan dengan hasil  yang didapat dari aktivitas menjalankan rencana. Apabila terjadi gap atau kesenjangan, maka akan dilakukan perbaikan.
Ini adalah aktivitas manajemen yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam bisnisnya. Akan tetapi, perlu dipahami dengan baik bahwa kunci sukses seorang manajer adalah bagaimana mereka menjalankan leadership dalam manajemen tersebut. Kenapa demikian? Dalam setiap fungsi manajemen tadi, terdapat orang-orang yang harus dikelola dengan baik dan disinilah leadership akan memegang peranan strategis.

Leadership itu bermakna kemampuan seorang entrepreneur dalam mempengaruhi orang lain untuk bisa menjalankan aktivitas bisnis untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. leadership dalam tahapan perencanaan bermakna bagaimana mempengaruhi karyawan untuk melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal dan nantinya membuat tujuan yang akan dicapai dalam konteks tujuan yang specific, measurable, attainable, realistic serta time table.
Leadership dalam konteks organizing adalah bagaimana seorang manajer mempengaruhi sumber daya yang ada dalam perusahaan yaitu man, money, machine, method, material, minutes, market dan information. Sumber daya ini harus dipengaruhi agar mereka bisa berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan. ini harus diperhatikan oleh setiap manajer dalam berkativitas.
Leadership dalam konteks actuating adalah bagaimana seorang manajer mempengaruhi setiap orang dalam menjalankan rencana dan program yang sudah disusun dengan baik oleh entrepreneur. disinilah kunci sejatinya seorang entrepeneur yang menjalankan peran sebagai seorang manajer. Seringkali orang lemah dalam menjalankan program yang sudah direncana dengan baik oleh setiap entrepeneur.
Yang tidak kalah penting, leadership dalam konteks evaluasi dan kontrol yaitu sejauh mana manajer mampu mempengaruhi orang lain dalam melakukan kontrol. Seringkali diri seorang entrepreneur gagal mempengaruhi orang lain untuk bisa mengevaluasi dan mengontrol setiap orang dalam perusahaan. karena sungkan, jadinya tidak melakukan evaluasi apalagi melakukan perbaikan.
Inilah yang penting bagi setiap entrepreneur untuk mengawinkan leadership dalam managerial sehingga tujuan yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur dapat dicapai secara efektif dan efisien. semuanya harus benar-benar dijalankan oleh setiap entrepeneur agar bisa sukses mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Tim STRABIZ Manajemen Bandung 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: