Business Today

Dua hari kemaren, jelas yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia adalah bagaimana perjuangan Rio Haryanto dalam debut pertamanya di Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Albert park Australia. Rio akan berjuan membawa nama bangsa Indonesia, sebagai orang pertama dari Indonesia yang berlomba di ajang bergengsi ini. Rio sudah membuktikan bagaimana dia sebagai anak bangsa yang terus berjuang untuk nama baik Indonesia.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu pelajaran yang sangat berharga melihat bagaimana seorang Rio Haryanto di mata bangsa Indonesia. Dia adalah seorang pejuang bagi bangsa ini. Hal ini sejalan dengan peran yang sejatinya dijalankan oleh seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. Peran yang mungkin bagi setiap orang melihat dulu adalah pejuang kemerdekaan yang merebut kemerdekaan dari para penjajah.



Dulu, memang orang berjuan dengan bambu runcing dan juga dengan bedil, sekarang perjuangan salah satunya adalah di bidang ekonomi dengan membangun bisnis untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat dimana entrepreneur membuka lapangan pekerjaan. Perjuangan ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Kedua, adalah entrepreneur harus siap bersaing. Bisa jadi Rio menghadapi orang-orang sukses di F1 dengan melihat, Indonesia? Karena memang Indonesia adalah sebuah negara yang belum tentu dikenal mereka. Akan tetapi, jelas Rio harus menunjukkan keunggulan yang berkelanjutan atau sustainable competitive advantage. Yang dibutuhkan adalah sikap mental dalam bersaing. Memang hal ini menjadi sebuah kebutuhan bagi entrepreneur karena salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah knowing how to compete.
Ketiga, entrepeneur harus memulai bisnis dari mikro, kecil, menengah dan besar. Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh entrepreneur bahwa bisnis itu adalah sebuah proses  yang harus dijalani. Tidak mungkin langsung besar. Hal ini dilakukan oleh Rio Haryanto bagaimana dia memuali latihan dari kecil, fokus, mengikuti lomba dan konsisten untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap dia dalam lomba balap.
Ini penting bagi setiap entrepreneur dimana harus melihat itu sebagai sebuah proses yang harus diikuti. Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur akan menjadi seorang pahlawan bagi bangsa Indonesia yang memang membuthkan banyak pejuang ditengah kondisi bangsa yang belum stabil ini dan pastinya membutuhkan orang-orang yang dapat memberikan kontribusi pada diri sendiri, keluarga, masyarkaat sekitar dan bahkan bangsa secara keseluruhan. So, siap menjadi seorang Rio haryanto dalam menjalankan peran sebagai pejuang? hmmmmm 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: