Entrepreneur yang sudah menerima pinjaman dan menjadi binaan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki sebuah tanggungjawab kepada perusahaan yang memberikan program tersebut. Selain itu, entrepreneur juga bertanggungjawab kepada masyarakat. Oleh karena itu, entrepreneur perlu menerapkan beberapa hal yaitu
1.       Meningkatkan mindset
Mindset yang merupakan sikap mental dari seorang entrepreneur harus benar-benar ditingkatkan oleh setiap entrepreneur karena dengan menjadi binaan program CSR, aka nada peluang lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh wirausaha.

2.       Meningkatkan kapabilitas organisasi
Kapabilitas organisasi dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia adalah aspek-aspek yang sangat penting dalam diri seorang entrepreneur. hal ini harus terus ditingkatkan sehingga output dan outcome dari perusahaan akan menjadi sebuah hasil yang diharapkan oleh konsumen.
3.       Memahami aturan yang dibuat
Aturan  yang berlaku di perusahaan yang memberikan program CSR itu harus dipahami dengan sebaik mungkin sehingga menjadi dasar untuk membuat berbagai program dalam konteks binaan CSR.
4.       Membangun transparansi
Transparansi selama menjadi binaan program CSR yang diberikan perusahaan, harus benar-benar dilakukan dengan baik. Berikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan tersebut tentang berbagai aktivitas bisnis yang relevan dengan program CSR.
5.       Membangun akuntabilitas
Akuntabilitas berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mempertanggungjawabkan setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan program CSR. Akuntabilitas ini ditunjukkan oleh berbagai dokumen yang relevan dengan bisnis para entrepreneur dan program CSR tersebut.
6.       Membangun tanggungjawab
Entrepreneur harus benar-benar bertanggungjawab atas apa yang dilakukannya. Tanggungjawab dilakukan dalam bentuk apapun dari apa yang mereka lakukan. Tanggungjawab itu dilihat dari bagaimana entrepreneur yang menjadi binaan terserbut fokus pada apa  yang dilakukan dari awal sampai selesai.
7.       Mengkomunikasikan kepada perusahaan
Yang paling penting adalah bagaimana entrepreneur mengkomunikasikan setiap hal yang berhubungan dengan bisnis dan relevandengan program CSR kepada perusahaan yang memberikan program CSR. Komunikasi secara intens akan membangun saling pemahaman dan saling pengertian sehingga pihak perusahaan memahami apa yang dilakukan oleh setiap binaan. Apalagi kalau bisa memberikan value kepada perusahaan, tentu entrepreneur akan semakin diperhatikan oleh perusahaan. inilah pengalaman kami.
Inilah beberapa tips Corporate social Responsibility yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: