Sejatinya seorang entrepreneur itu bisa membuat sebuah program yang dapat meningkatkan kapabilitas perusahaan yang dibina oleh program CSR ataupun Program Kemitraan dan Bina Lingkunga (PKBL) yang diberikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini harus dilihat sebagai sebuah strategi perusahaan yang bisa meningkatkan value bagi entrepreneur.
1.       Fokus kepada core competency setiap bisnis entrepreneur
Setiap entrepreneur harus melihat bisnisnya sebagai sebuah peluang dan akan menghadapi tantangan dari pesaing. Konsep ini harus dilihat secara menyeluruh sehingga entrepreneur harus fokus kepada core competency atau kompetensi ini yang dimiliki oleh masing-masing entrepreneur dan bisnis itu sendiri.


2.       Pahami bahwa bisnis itu harus diperkuat dengan manajemen
Sebuah bisnis dituntut untuk bisa memiliki manajemen yang kuat sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien. Manajemen itu dibangun dari konsep planning, organizing, actuating sampai dengan controlling. Entrepreneur harus membangun manajemen yang kuat dalam bisnisnya masing-masing.
3.       TIngkatkan kapabilitas di manajemen keuangan
Entrepeneur harus bisa membangun manajemen keuangan, mulai dari financing, pengelolaan keuangan sampai dengan membagi deviden.
4.       Tingkatkan kapabilitas di manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran mulai dari segmentasi, target pasar, positioning sampai dengan membuat program pemasaran dalam konteks bauran pemasaran adalah bagian dari aktivitas bisnis yang harus dikembangkan dan dijalankan oleh entrepreneur.
5.       Tingkatkan kapabilitas di manajemen operasi
Manajemen operasi berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus mengelola business process dalam bisnis mereka masing-masing. konsep TP = TR – TC atau total profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi total cost adalah berhubungan dengan proses bisnis dalam perusahaan.
6.       Tingkatkan kapabilitas di manajemen sumber  daya manusia
Manajemen sumber daya manusia dalam konteks karyawan harus ditingkatkan kompetensinya sehingga produktivitas setiap karyawan akan semakin meningkatk dan memberikan value kepada perusahaan.
7.       Komunikasikan dengan baik kepada perusahaan pemilik program CSR/PKBL
Ini yang tidak kalah penting yaitu bagaimana entrepreneur mengkomunikasikan kepada pengelola program CSR atau PKBL tentang kapabilitas manajemen yang mereka miliki dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan perusahaaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang. Komunikasi secara efektif akan bisa meningkatkan reputasi perusahaan dimata perusahaan yang memiliki program CSR/PKBL tersebut.
Inilah beberapa tips CSR yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: