Menjadi binaan perusahaan yang memberikan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah kebanggaan karena hal ini memberikan kesempatan kepada entrepreneur untuk bisa menutup kekurangannya dengan memanfaatkan social capital yang berasal dari perusahaan dalam konteks program CSR tersebut. Sejatinya, seorang entrepreneur perlu melakukan beberapa tips yang dapat mengoptimasi setiap peluang yang ada dan meminimalisir setiap ancaman yang datang kepada diri dan bisnisnya.


1.       Pahami setiap program CSR yang diberikan oleh perusahaan
Tahap pertama yang harus dilakukan entrepreneur adalah bagaimana mereka memahami setiap program CSR yang ditawarkan oleh perusahaan karena ini adalah awal untuk mendapatkan kesuksesan.

2.       Relevankan dengan bisnis yang dijalankan
Tugas selanjutnya adalah entrepreneur harus bisa membuat relevansi antara program CSR dengan bisnis yang mereka jalankan. Carilah irisan sehingga akan diketahui bagaimana entrepreneur bisa melihat ini sebagai sebuah aktivitas yang memberikan manfaat bagi perusahaan pemberi program CSR dengan perusahaan mereka sendiri.

3.       Perkuat mindset
Mindset ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur melihat sebuah peluang dan memanfatkan peluang tersebut untuk berbisnis.

4.       Perkuat manajemen
Ini yang paling penting yaitu bagaimana entrepreneur diharapkan memiliki kualitas manajemen yang kuat sehingga orang menjadi percaya

5.       Perhatian setiap peluang
Peluang pasti datang dan pergi dan sejatinya entrepreneur benar-benar bisa memperhatikan setiap peluang dari program CSR yang ditawarkan oleh pengelola program CSR setiap saat. Ini menjadi penting karena kecepatan yang menentukannya.

6.       Siap setiap saat
Kondisi ini menggambarkan bagaimana entrepeneur sejatinya siap setiap saat ketika peluang itu datang. Jangan berharap peluang datang pada waktu yang yang happy saja, akan tetapi, lupa kalau peluang itu datang setiap saat dan harus dimanfaatkan juga.

7.       Lakukan evaluasi dan perbaikan
Entrepreneur harus melakukan evaluasi dan perbaikan atas program CSR yang mereka ikuti secara berkala. Evaluasi ini akan mendapatkan gap yang belum tercapai ataupun hasil yang sudah melebihi target yang ditetapkan oleh setiap entrepreneur. jelas ini adalah sebuah aktivitas yang harus dan wajib dilakukan sehingga tercapai hasil dengan dasar perbaikan terus menerus.

Inilah beberapa tips Corporate Social Responsibility yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: