Kesulitan yang selalu dihadapi oleh entrepeneur adalah mengelola keuangan perusahaan. hal ini dimulai dari kesalahan dengan tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan, tidak mencatat setiap transaksi sampai dengan tidak membuat anggaran serta menyerahkan urusan keuangan kepada orang yang tidak kompeten menanganinya. Termasuk diri sendiri yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan dan keterampilan tentang keuangan.


1.       Membuat anggaran perusahaan
Sejatinya, setiap entrepreneur memulai dengan membuat anggaran atau budgeting untuk perusahaan mereka. Anggaran itu adalah jantungnya perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis karena bisnis itu butuh patokan.
2.       Melakukan penagihan
Bila ada piutang perusahaan kepada orang lain, maka entrepreneur harus melakukan penagihan kepada perusahaan yang berhutang kepada entrepreneur. Penagihan itu akan meningkatkan cash perusahaan.
3.       Bayar hutang kepada pihak ketiga
Hutang perusahaan kepada pihak ketiga harus dibayar tepat waktu agar tidak menambah bunga atau beban perusahaan yang bisa menggerogoti keuangan perusahaan . hutang yang ada bunga akan menjadi beban perusahaan.
4.       Cari supplier dengan harga bersaing dan bahkan bisa berhutang.
Entrepreneur harus bisa mencari supplier yang bisa memberikan produk berkualitas serta bisa melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu. Tentu ini akan bisa memberikan manfaat dalam pengelolaan keuangan perusahaan.
5.       Pembayaran dari konsumen secara cash.
Usahakan dapat pembayaran dari konsumen secara cash sehingga dapat menambah posisi uang kas perusahaan. hal ini penting karena menyangkut posisi keuangan perusahaan sehingga dengan adanya uang kas, akan mempermudah setiap entrepreneur dalam mengelola aktivitas perusahaan dan akan memudahkan keputusan bisnis yang efektif dan efisien.
6.       Mencatat setiap transaksi keuangan
Entrepreneur harus mencatat setiap transaksi keuangan yang ada dalam bisnis. transaksi keuangan yang dicatat akan menjadi dasar untuk menilai kesehatan perusahaan dan membuat keputusan bisnis. lakukan secara terus menerus sehingga akan menjadi sebuah aktivitas rutin yang tidak bisa ditinggalkan oleh entrepreneur.
7.       Mengontrol keuangan
Lakukan perbandingan antara anggaran yang sudah dibuat dengan pengeluaran keuangan yang sudah dilakukan oleh perusahaan. perbandingan ini akan menjadi dasar bagi entrepreneur untuk mengontrol posisi keuangan.
Inilah beberapa tips Financial Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: