Salah satu tantangan bagi entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis adalah bagaimana mereka bisa mengelola keuangan dengan baik dalam bentuk melakukan pencatatan keuangan setiap transaksi yang ada. Hal ini memang menjadi kendala yang seringkali dihadapi dalam berbisnis. Tentu akibatnya akan meluas dan bahkan sampai kepada pembuatan keputusan bisnis yang dilakukan oleh setiap entrepreneur. ada beberapa hal  yang harus dilakukan oleh setiap entrerpeneru dalam konteks manajemen keuangan ini.


1.       Pahami bahwa bisnis itu memang UUD
Apapun bentuk dan jenis serta skala bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur, mereka harus menyadari bahwa bisnis itu sangat kental dengan konsep Ujung-ujungnya Duit. Mungkin bagi sebagian orang itu adalah sebuah candaan, akan tetapi, itu adalah bagian dari konsep bisnis yang tidak bisa dilepaskan yaitu TP = TR – TC. UUD yang dimaksud adalah bagaimana bisnis mencapai tujuan berupa profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi total cost.
2.       Bisnis itu berhubungan dengan transaksi keuangan
Bisnis akan selalu berhubungan dengan transaksi keuangan yang dijalankan oleh entrepreneur. transaksi keuangan ini dapat dilihat dari bagaimana pembelian barang kepada supplier, membayar gaji karyawan, membeli mesin, menjual barang kepada distributor atau bahkan sampai kepada konsumen.
3.       Lakukan pencatatan
Entrepreneur harus melakukan pencatatan dalam perusahaan. setiap transaksi harus dicatat dalam bentuk tulisan manual ataupun secara teknis menggunakan sistem computer. Ini penting karena menjadi dasar untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.
4.       Dukungan bukti
Setiap transaksi yang dilakukan oleh entrepeneur harus didukung oleh bukti berupa kwitansi. Hal ini penting untuk mendukung yang namanya akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan.
5.       Buat laporan
Entrepreneru membuat laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi perubahan arus kas. Ini adalah transaksi yang sudah dikelompokkan oleh entrepreneur.
6.       Baca dan evaluasi
Inilah waktunya bagi entrepreneur untuk membaca setiap laporan keuangan dan melakukan evaluasi dengan membandingkan transaksi dari tahun ketahun serta dari anggaran yang sudah dibuat.
7.       Lakukan perbaikan
Pada akhirnya entrepreneur harus melakukan perbaikan terus menerus atas apa yang sudah dicatat serta transaksi  yang dilakukan.
Inilah beberapa tips financial management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: