Ditengah tingginya kompetisi bisnis saat ini, tantangan bagi entrepeneur tetap harus mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Sudah menjadi tugas bagaimana entrepreneur itu harus unggul untuk bisa tetap menjadi pilihan bisnis setiap konsumen yang sudah banyak ditawarin oleh pesaing saat in i. lihat saja, bagaimana pasar Indonesia yang sudah memasuki waktu masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimana ada sembilan negara lagi yang entrepreneurnya akan memperebutkan pasar Indonesias.


1.       Sadari bahwa pesaing saat ini sudah semakin gencar
Pesaing itu harus dipahami bahwa itu adalah sebuah fakta. Pesaing adalah setiap orang ataupun perusahaan yang menghasilkan produk yang sama dengan menyasar pasar yang sama. Hal ini penting untuk dilihat sampai kepada produk yang dihasilkan mereka. Keunggulan dan kelemahamn produk pesaing.
2.       Pahami need, want dan demand konsumen
Konsumen itu memiliki kebutuhan, keinginan dan permintaan yang harus menjadi basis untuk keputusan produk yang dibuat oleh entrepreneur. pendalaman akan kedua hal ini akan membuat entrepeneur bisa menjadi lebih baik dalam menghasilkan produk.
3.       Berikan value
Produk yang unggul bukan lagi berbasis kepada bagaimana berbentuk barang atau jasa, akan tetapi, produk yang unggul itu berbasis kepada nilai yang lebih daripada barang ataupun jasa. Itu penting bagi entrepreneur untuk membuat produk yang unggul.
4.       Perkuat benefit
Entreprenur harus memperkuat benefit bagi konsumen yaitu produk yang berkualitas, lalu ditambah dengan keramahan orang, jasa serta image yang positif terhadap produk tersebut. Ini adalah kumpulan nilai dari sebuah produk dan harus optimal.
5.       Minimalkan cost
Salah satu pertimbangan entrepreneur adalah biaya dan mereka sangat berharap biaya yang minimal yang terdiri dari biaya dalam bentuk uang, biaya dalam dimensi waktu, biaya dalam dimensi tenaga dan biaya dalam dimensi psikologi.
6.       Berikan kepuasan
Entrepreneur harus benar-benar memberikan kepuasan kepada konsumen agar bisa membuat mereka cenderung nanti untuk loyal dengan membeli produk kembali, membeli produk yang lain, merekomendasikan kepada orang lain dan bahkan menolak pesaing.
7.       Jaga hubungan baik dengan konsumen
Yang tidak kalah penting adalah jaga hubungan baik dengan konsumen, baik dalam konteks bisnis ataupun konteks non bisnis.
Inilah beberapa tips marketing management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: