Beberapa waktu ini, seringkali wirausaha bertanya tentang bagaimana membuat bisnis yang optimal dalam mencapai tujuan dalam bentuk profit ditengah tingginya tingkat persaingan dan bagaimana perubahan lingkungan bisnis yang bisa membuat biaya tinggi dalam bisnis tersebut. Banyak hal yang harus dilihat dalam konteks bisnis agar bisa tetap mencapai sustainable competitive advantage sehingga tujuan bisa tercapai.
1.       Melakukan analisis terhadap bisnis saat ini

Entrepreneur perlu melakukan analisis terhadap lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal seperti konsumen, pesaing, supplier dan distributor serta politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi yang berhubungan dengan bisnis para entrepreneur.

 
2.       Melihat proses bisnis yang ada
Proses bisnis yang ada itu berhubungan dengan supplier, input, process, output serta consumer yang pastinya berhubungan dengan apa yang sedang terjadi di perusahaan dengan tujuan untuk memberikan produk, baik barang ataupun jasa secara optimal.
3.       Menganalisis proses bisnis yang sedang dijalankan
Menganalisis proses bisnis apakah sudah optimal atau belum karena berhubungan dengan bagaimana proses bisnis tersebut bisa memberikan optimal kepada pencapaian tujuan perusahaan.
4.       Memperbaiki proses binis
PRoses bisnis yang belum optimal, diperbaiki dengan melihat akar masalahnya dimana, bisa saja di program, sop ataupun fasilitas serta orang-orang yang menjalankan proses bisnis tersebut.
5.       Menyiapkan program, sop, biaya
Waktunya entrepreneur mempersiapkkan program, standard operation dan procedure serta biaya dan orang-orang yang akan menjalankan setiap program yang ada dalam konteks proses bisnsi yang ada dalam perusahaan tersebut.
6.       Menjalankan proses bisni syang sudah diperbaharui
Jalankan proses bisnis yang sudah diperbaharui dan diperbaiki sehingga dapat memberikan nilai yang optimal bagi perusahaan.
7.       Melakukan evaluasi
Evaluasi dan terus lakukan perbaikan dari setiap proses bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Tentu hal ini harus dilakukan karena berhubungan dengan bagaimana lingkungan bisnis yang terus berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat. Ketika ini bisa diantisipasi oleh entrepreneur, tujuan perusahaan akan tetap bisa dicapai secara efekfit dan efisien.
Inilah beberapa tips Operation Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: