Setiap entrepreneur tidak akan bisa dilepaskan dari supplier yang merupakan pihak ketiga atau pihak luar perusahaan yang memberikan produk, baik barang ataupun jasa kepada bisnis entrepreneur. mereka itu memiliki peran yang sangat strategik untuk keberlangsungan perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

1.       Pahami bahwa supplier itu adalah bisnis
Hal ini akan membuka mindset setiap entrepreneur bahwa supplier itu adalah seorang individu ataupun perusahaan yang memiliki konsep bisnis yaitu mereka mencari profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

2.       Konsep dasar yang dipegang adalah win-win solution
Entrepreneur harus memiliki konsep dasar dalam diri dan bisnisnya bahwa supplier dan entrepreneur harus melakukan kerjasama yang win-win solution
3.       Pahami need, want dan demand supplier
Entrepreneur harus mengetahui dan memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan supplier. Kebutuhan dan keinginan mereka itu menjadi dasar untuk bekerjasama. Semakin memahami ketiga konsep ini, entrepreneur bisa paham seorang supplier.
4.       Jelaskan need, want dan demand kepada supplier
Entrepreneur juga harus menjelaskan dengan baik tentang kebutuhan, keinginan dan permintaannya kepada supplier sebagai dasar dalam kerjasama yang akan dilakukan. Saling pengetahuan dan pemahaman akan memudahkan  supplier untuk menyediakan produk, baik barang ataupun jasa.
5.       Buat perjanjian dengan supplier
Mulailah entrepreneur untuk membuat perjanjian dengan supplier dengan baik.. perjanjian ini sebagai dasar kerjasama yang dituangkan dalam bentuk tertulis. Ketika ada masalah dalam kerjasama, kembali ke perjanjian yang sudah dibuat.
6.       Lakukan kerjasama sembari berkomunikasi dengan supplier secara rutin
Lakukan kerjasama dengan dasar perjanjian serta komunikasi yang efektif serta asertif dengan supplier. Komunikasi yang terbuka dan rutin akan bisa membuat saling pemahaman antara entrepreneur dengan supplier.
7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan
Entrepreneur dan supplier melakukan evaluasi secara berkala sehingga akan diketahui apa yang terjadi. Lalu, lakukan perbaikan secara terus menerus dengan semangat untuk mencari hasil yang optimal bagi supplier dan entrepreneur dalam kerjasama tersebut.
Inilah beberapa tips Operation Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: