Entrepreneur dituntut untuk bisa menghasilkan produk yang unggul, akan tetapi, tentu hal ini tidaklah mudah karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu bisa memiliki manajemen keuangan yang unggul, pengelolaan sumber daya manusia yang unggul sampai pada bagaimana pengelolaan proses bisnis yang unggul. Sebagai seorang entrepreneur, sudah waktunya entrepreneur benar-benar fokus dalam mengelola proses bisnis.

1.       Petakan kembali proses bisnis
Entrepreneur harus benar-benar bisa memetakan kembali proses bisnis dari supplier, input, process, output dan customer. Petakan dengan baik dan ini akan terlihat bagaimana aktivitas bisnis  yang ada dalam perusahaan setiap entrepreneur.

 
2.       Evaluasi proses bisnis yang ada
Lakukan evaluasi atas proses bisnis yang ada. Evaluasi ini dilihat dengan dasar bagaimana dampak dari setiap proses bisnis pada pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit dalam konteks TP = TR – TC, manfaat bagi banyak orang, kelestarian alam, berkelanjutan sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
3.       Lihat pesaing
Tidak hanya itu saja, pesaing juga harus menjadi acuan bagi entrepreneur dalam melihat dan mendesain proses bisnis dalam perusahaan. bagaimana pesaing menggunakan teknologi informasi adalah salah satu bentuknya dan itu harus dievaluasi oleh entrepreneur.
4.       Mulai dari supplier
Perbaiki mulai dari supplier dalam hal proses bisnis. perbaiki hubungan dengan supplier dalam bentuk perjanjian kerjasama  yang relevan dengan kualitas produk, kuantitas produk yang dibeli, pembayaran, pengiriman barang sampai kepada bagaimana jaminan ketersediaan dalam jangka panjang dari setiap supplier.
5.       Lakukan di input
Input juga harus diperbaiki oleh setiap entrepeneur karena berhubungan dengan pergudangan. Gudang bukan hanya dianggap sebagai tempat, akan tetapi, bisa menjadi aktivitas yang terintegrasi dalam bisnis entrepreneur.
6.       Perbaiki proses
Proses bisnis harus memenuhi indikator dengan tingkat defect yang sangat sedikit serta bagaimana tepat waktu. Peralatan dan perlengkapan sampai dengan bahan baku harus benar-benar diperbaiki oleh setiap entrepreneur.
7.       Output bagi customer
Ini adalah proses bisnis yang terakhir, akan tetapi, menjadi moment of truth bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis. Harus dipastikan kerjasama dalam pengiriman barang sampai dengan konsumen yang puas dan loyal.
Inilah beberapa tips Operational management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: