Menjadi wirausaha dituntut untuk selalu membuat bisnisnya mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan karena bisnis wirausaha saat ini menghadapi kondisi yang sangat kompetitif sebagai akibat dari perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan pastinya akan berdampak kepada bisnis.
Oleh karena itu, sudah sejatinya wirausaha untuk fokus menjadi seorang ahli strategi yang dapat membuat bisnisnya unggul tadi. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan oleh wirausaha dalam berbisnis ini dengan menjadi ahli strategi.


1.       Memiliki konsep strategic thinking
Hal ini menjadi dasar bagi wirausaha untuk menjalankan bisnis saat ini yaitu bagaimana mereka bisa memiliki kerangka berfikir sebagai ahli strategi. Konteks ini adalah wirausaha dituntut untuk fokus memiliki strategic thinking dalam berbisnis. Kerangka berkir ini menuntut wirausaha untuk melihat lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal sebagai konteks bisnisnya sehinga dapat menentukan posisi di pasar dan memilih strategi yang tepat serta membuat program yang dapat menerjemahkan strategi.
2.       Tujuan kinerja
Wirausaha fokus pada tujuan akhir dari bisnis ini yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar yang diterjemahkan dalam bentuk kinerja keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.
3.       Melalui sustainable competitive advantage
Entrepreneur dituntut untuk bisa mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau sustainable competitive advantage ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini.
4.       Strategi inovasi
Entrepreneur dituntut untuk bisa menerapkan strategi inovasi dalam bisnis dimana terdapat kreativitas dan inovasi dalam menghadapi setiap perubahan lingkungan bisnis dan mencapai keunggulan dalam bisnis.
5.       Mindset
Wirausaha diharapkan untuk memiliki mindset atau sikap mental yang benar dalam berbisnis dimana ini menjadi kunci sukses seorang wirausaha dalam berbisnis. Mindset berhubungan dengan bagaimana sikap mental yang benar untuk sukses berbisnis.
6.       Kapabilitas organisasi
Wirausaha dituntut untuk bisa meningkatkan kapabilitas atau kemampuan mereka dalam mengelola keuangan, pemasaran, proses bisnis serta sumber daya manusia untuk menggapai kesuksesan berbisnis.
7.       Memanfaatkan social capital
Wirausaha dituntut untuk bisa memanfaatkan modal sosial dari akademisi, pemerintah, media, pemerintah, komunitas, perbankan, baik berupa tangible ataupun intangible yang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap mereka dalam berbisnis.
Inilah beberapa tips strategic management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: