Menjadi seorang entrepreneur, harus benar-benar memperhatikan diri dan bisnisnya dalam konteks bagaimana menumbuhkembangkan bisnis dari skala mikro, kecil, menengah dan besar dalam jangka panjang. Hal ini harus dipahami oleh entrepreneur untuk bisa menjadi jauh lebih baik dalam bisnisnya biar menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis yang pastinya sudah diperjuangkan oleh entrepreneur dalam berbisnis.

1.       Sadari bahwa bisnis itu sangat berhubungan dengan TP = TR – TC
Bisnis itu penuh dengan kalkulasi yang sangat ketat dan sejatinya seorang entrepreneur harus fokus mencapai profit yaitu TP = TR – TC  yaitu profit dihasilkan dari total revenue yang dikurangi oleh total cost. Semuanya harus diperhitungkan

 
2.       Manusia itu adalah asset
Karyawan bagi entrepreneur harus benar-benar dilihat sebagai sebuah asset yang memiliki knowledge, skill dan attitude (KSA) sehingga harus benar-benar dikelola dan dikembangkan agar produktivitasnya meningkat untuk bisa mencapai tujuan perusahaan.
3.       Mencari talented people
Bekerjalah dengan orang-orang yang berbakat dengan konteks, mereka memiliki potensi diri dan juga passion dalam bekerja sehingga orang-orang ini akan totalitas dalam bekerja dan memberikan potensi diri mereka kepada perusahaan.
4.       Petakan orang terbaik
Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur melakukan pemetaan atas orang-orang yang berbakat dalam perusahaan mereka dan digambarkan juga rencana bidang pekerjaan  yang akan mereka lakukan serta target yang harus dicapai. Hal ini menjadi dasar bagi entrepreneur dalam mengelola talented people.
5.       Bagi pekerjaan
Entrepreneur harus jelas membagi tugas kepada mereka sebagai bagian dari upaya untuk mengoptimasi mereka dalam bekerja. Semuanya juga harus terukur.
6.       Berikan reward
Entrepeneur harus memberikan reward kepada talented people karena berhubungan dengan apa yang mereka dapat kan dalam bekerja dan semuanya harus jelas dan terukur. Mereka adalah asset dan akan memperhitungkan value yaitu benefit dibandingkan cost.
7.       Lakukan perbaikan
Entrepeneur harus terus melakukan perbaikan kepada para karyawan yang berbakat tadi agar bisa bekerja dengan lebih baik melalui pelatihan, pengembangan diri dan juga kesempatan untuk belajar. Coaching dan mentoring menjadi penting bagi entrepreneur.
Inilah beberapa tips TALENT management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: