Business Today

Salah satu permasalahan yang dibahas di berbagai media saat ini adalah bagaimana kasus pembelian tanah Rumah Sakit Sumber Waras yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini memang sudah sampai di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan hasil audit investigasi yang sudah dilakukan oleh BPK. Memang terjadi perdebatan dari gubernur Ahok dengan Ketua BPK yang merasa bahwa hasil audit BPK dianggap ngaco oleh Ahok, dan sebaliknya, ketua BPK juga memberikan argumentasi yang tentang proses yang dilalui dalam melakukan audit tersebut.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu banyak pelajaran yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis, khususnya melakukan transaksi dengan pemerintah sebagai salah satu konsumen entrepreneur selain consumer market, business market, non profit market sampai dengan global market. Government atau pemerintah adalah salah satu kelompok konsumen yang memiliki karakteristik khusus dimana pemerintah sebagai regulator dan terikat dengan berbagai peraturan yang melekat pada pemerintah itu sendiri.


Oleh karena itu, entrepreneur perlu menyadari bahwa mereka berbisnis dengan pemerintah dan harus berperilaku berbeda dengan berbisnis dengan non pemerintah. Hal pertama yang dapat pelajaran adalah bagaimana memahami perilaku pemerintah. Ingat, pemerintah itu selalu berganti secara berkala dalam konteks orang-orang yang menduduki posisi di pemerintahan. Jelas sekali ini akan berpengaruh kepada kualitas keputusan yang dibuat oleh pemerintah itu sendiri.

Kedua, entrepreneur harus memahami aturan yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Aturan-aturan yang ada di pemerintahan harus dilihat dan dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur. itulah kenapa dalam aturan pemerintah itu ada mengingat, mempertimbangkan dan lain-lain. Pahami setiap aturan yang menjadi acuan dan berkaitan dengan aktivitas tersebut. Jangan sampai entrepreneur lengah dengan kondisi ini karena akan menentukan bagaimana entrepreneur bisa berbisnis dengan pemerintah dan tidak terikat dengan BPK atau KPK nanti.

Ketiga, entrepreneur harus memahami prosedur yang ada di pemerintah. Prosedur ini berhubungan dengan tahapan yang harus dilalui oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Keempat, tetap berpegang teguh kepada etika bisnis yang ada. Jelaslah bahwa etika bisnis itu menjadi point utama dalam berbisnis dan membuat bisnis itu bisa profitable, people, planet, sustainability dan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Inilah yang harus dilakukan setiap entrepreneur dalam berbisnis dengan pemerintah secara terus menerus. Bagaimana dengan anda? Hmmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: