Salah satu kebiasaan yang sebaiknya dilakukan oleh entrepreneur muda muslim adalah bagaimana memberikan sebagian hartanya kepada orang lain dalam konteks sedekah. Tentu hal ini perlu dipahami dengan baik bahwa sedekah itu menjadi sebuah kebutuhan bagi seorang entrepeneur muda muslim ketika ingin total dalam menjalankan bisnis. Hal ini penting di tengah tingginya tingkat persaingan dan bagaimana perubahan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal dan juga dalam konteks dalam diri sendiri.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu pemahaman yang mendalam tentang hakekat sedekah dengan baik akan memberikan value kepada setiap entrepreneur. jelas bagaimana entrepreneur yang mampu melakukan sedekah kepada orang lain, baik dalam keadaan kondisi lapangan ataupun dalam keadaan sempit, menjadi sebuah pemahaman yang sangat mendalam. Ketika ini bisa dipahami dan dijalankan, akan memberikan value kepada diri seorang entrepreneur dan juga orang lain yang berada di sekitar bisnis nya.


Lalu, apa yang dipahami dalam konteks ini? seorang entrepreneur muda muslim perlu memahami bahwa sedekah itu tidak selalu berhubungan dengan uang. Sedekah itu adalah bagaimana memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas. Jadi, tidak selalu dalam bentuk uang. Rasulullah juga mencontohkan bagaimana seorang umat muslim yang membuang duri di jalan termasuk sedekah karena bila tidak dibuang, akan merugikan orang lain.

Demikian juga bagaiimana senyum kepada orang lain. Bahkan dimasa Rasulullah, memberikan sebiji korma kepada orang lain yang dilakukan oleh sahabat Rasulullah adalah bentuk dari sedekah yang bisa dilakukan oleh entrepreneur muda muslim. Oleh karena itu, sudah menjadi dasar bagi setiap entrepreneur muda muslim untuk berkomitmen memberikan sedekah kepada orang lain setiap saat. Tidak perlu melihat apa yang ada di kantong ataupun di cash seorang entrepreneur.

Bersedekah dalam keadaan lapang bisa memberikan gambaran ketika kita sehat, ada harta, ada waktu yang lapang… manfaatkanlah untuk melakukan sedekah setiap saat. Ini penting dan perlu dilakukan setiap entrepreneur muda muslim. Jangan selalu berhitung.

Lalu, bagaimana dengan keadaan sempit? Kalau tidak ada uang, berikanlah bantuan kepada orang lain ataupun bagaimana membuat orang mampu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Bisa dalam bentuk nasehat, saran, ide ataupun tindakan yang dapat memberikan value kepada orang lain karena ini juga bisa menjadi sedekah.


Oleh karena itu, marilah mulai memberikan sedekah setiap saat, baik dalam keadaan lapang ataupun dalam keadaan sempit. Bismillahirrahmanirrahim. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: